Ada cukup banyak pilihan browser yang dapat digunakan untuk berselancar di internet. Beberapa browser terkemuka diantaranya adalah Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge dan juga Opera. Diantara beberapa browser tersebut, Mozilla Firefox bisa menjadi browser yang diunggulkan. Hal ini dikarenakan fitur dan ekstensi yang ditawarkan cukup banyak dan beragam. Mozilla Firefox sendiri sampai saat ini masih menjadi browser favorit para pengembang web.

Bila Anda pengguna browser Firefox, ada satu trik yang mungkin dapat digunakan nantinya yaitu proses restart dengan semua tab yang terbuka sebelumnya. Ketika menggunakan browser ini, Anda mungkin tidak hanya membuka satu atau dua tab saja, namun bisa lebih. Bila browser Firefox tiba-tiba mengalami masalah seperti berjalan lambat atau membutuhkan waktu lama untuk membuka beberapa tab baru, Anda dapat melakukan restart. Bila Anda melakukan dengan cara biasa dengan menutup browser dan kemudian membuka kembali, Anda akan kehilangan tab-tab yang terbuka sebelumnya.

Cara terbaik adalah dengan menggunakan trik untuk melakukan restart dengan semua tab yang terbuka. Trik ini sebenarnya menggunakan perintah bawaan Mozilla Firefox melalui Developer toolbar yang dikenal dengan GCLI (Graphical Command Line Interpreter). Cara ini cukup mudah dan Anda tidak perlu menginstal ekstensi atau add-on untuk menambahkan tombol restart di Firefox. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Tekan kombinasi tombol keyboard Shift+F2 atau tekan tombol Alt untuk menampilkan menu browser Firefox, pilih menu Tools, kemudian submenu Web Developer dan selanjutnya submenu Developer toolbar untuk menampilkan Developer toolbar di bagian bawah.

Restart browser Firefox dengan semua bab yang terbuka

Ketikkan perintah "restart" di dalam Developer toolbar dan selanjutnya tekan tombol keyboard Enter untuk melakukan restart browser Mozilla Firefox. Browser Mozilla Firefox dibuka kembali dengan semua tab yang terbuka sebelumnya.

Restart browser Firefox dengan semua bab yang terbuka