Menyematkan (pin) webpage ke taskbar menggunakan Microsoft Edge

Bagi pengguna Microsoft Edge, Anda mungkin dapat merasakan mulai ada banyak fitur dan peningkatan baru di browser ini. Di awal kemunculannya bersamaan dengan hadirnya Windows 10, Microsoft Edge masih belum memiliki banyak fitur. Itulah sebabnya, kegiatan berinternet masih dilakukan dengan menggunakan browser lain seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Di setiap update Windows 10, Microsoft selalu menyertakan fitur baru dan juga memberikan peningkatan pada browser barunya ini. Sebagai browser yang lahir menggantikan Microsoft Internet Explore, Microsoft terus melakukan penyempurnaan untuk menjadikan Microsoft Edge sebagai browser yang lebih cepat, lebih aman dan juga kompatibel dengan web-web modern saat ini.

Salah satu fitur baru di Microsoft Edge yang ditambahkan bersama dengan update Windows 10 Fall Creators Update Version 1709 adalah penyematan (pin) laman web (webpage) ke taskbar Windows. Bila sebelumnya Anda hanya dapat menyematkan (pin) webpage ke Start Menu Windows, kini Anda dapat menyematkan webpage favorit atau yang sering Anda kunjungi ke taskbar Windows.

Kemudian, apa manfaat fitur ini? Dengan menyematkan website ke tasbar Windows, Anda dapat dengan cepat membuka webpage favorit Anda. Anda juga menghemat waktu ketika tidak harus membuka browser terlebih dahulu, mengetikkan url dan menekan tombol Enter. Webpage di taskbar juga akan dibuka di browser yang digunakan untuk penyematan meskipun Anda mungkin telah mengatur standar browser Windows ke Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Jalankan browser Microsorft Edge dan kemudian buka website favorit Anda. Klik tombol Settings and more (1) yang terletak di sudut kanan atas dan kemudian pilih Pin this page to the taskbar (2).

Menyematkan (pin) webpage ke taskbar menggunakan Microsoft Edge

Tampilkan taskbar Windows dan Anda dapat melihat webpage yang disematkan (pinned) di taskbar. Webpage di taskbar akan diwakili oleh favicon yang digunakan website tersebut.

Menyematkan (pin) webpage ke taskbar menggunakan Microsoft Edge