Anda tentunya sudah tahu bahwa bertepatan dengan rilis Windows 10, Microsoft juga merilis browser barunya yaitu Microsoft Edge yang menggantikan browser sebelumnya Microsoft Internet Explorer. Browser baru Microsoft ini sudah disertakan dan otomatis ada saat Windows 10 dinstal. Sebagai browser baru pada saat itu, tidak banyak yang diharapkan terkait dengan fiturnya.

Microsoft terus memberikan update fitur dan peningkatan kemampuan pada browser barunya ini. Setiap update utama Windows 10, Microsoft juga menyertakan update fitur dan peningkatan kemampuan untuk Microsoft Edge. Baru-baru ini, Microsoft Edge kembali mendapatkan update fitur dan peningkatan kemampuan bersamaan dengan update utama Windows 10 ke Fall Creators Update (version 1709).

Salah satu yang menjadi perhatian kali ini adalah ekstensi penterjemah khusus untuk Microsoft Edge yang dikembangkan oleh Microsoft sendiri. Ekstensi penterjemah ini bernama Translator for Microsoft Edge dan digunakan untuk menterjemahkan laman website secara instan ke 50 lebih bahasa berbeda. Ini sangat bermanfaat ketika Anda membuka laman website berbahasa asing dan ingin menterjemahkannya.

Anda dapat memperoleh ekstensi penterjemah ini di Windows Strore dan menginstalnya ke komputer. Setelah selesai diinstal, Anda akan mendapati tombol Translator for Microsoft Edge ini di bilah alamat (address bar) dari browser Microsoft Edge. Ekstensi ini akan mendeteksi bahasa laman website yang Anda kunjungi dan Anda dapat menterjemahkan ke bahasa lainnya:

Unduh (download) terlebih dahulu ekstensinya. Jalankan atau buka Windows Store, untuk mempercepat pencarian ekstensi ini, ketikkan nama ekstensi "Translator for Microsoft Edge" di kotak pencarian Windows Strore (1) dan dari hasil pencarian, klik ekstensi tersebut untuk menginstalnya (2).

Menterjemahkan laman website ke bahasa berbeda di Microsoft Edge

Klik tombol Install untuk menginstal ekstensi dan ikuti proses instalasi selanjutnya sampai Anda nanti mengklik tombol Launch.

Menterjemahkan laman website ke bahasa berbeda di Microsoft Edge

Setelah instalasi selesai, Browser Microsoft Edge otomatis dibuka dan Anda akan mendapatkan pemberitahuan adanya ekstensi baru. Klik tombol Turn it on untuk melanjutkan.

Menterjemahkan laman website ke bahasa berbeda di Microsoft Edge

Sebagai contoh, buka laman website. Anda dapat memperhatikan tombol Translator di address bar (bilah alamat) browser Microsoft Edge. Klik tombol tersebut (1) untuk menampilkan kotak dialog penterjemahan. Di sini, ekstensi akan mendeteksi secara otomatis bahasa laman web yang Anda buka (2) dan Anda tinggal menentukan ke bahasa terjemahannya, misalnya English (3). Untuk menterjemahkan, klik tombol Translate this page (4).

Menterjemahkan laman website ke bahasa berbeda di Microsoft Edge

Di bawah ini contoh hasil terjemahan laman sebuah website menggunakan ekstensi Translator for Microsoft Edge dari laman website berbahasa Indonesia ke bahasa Inggris.

Menterjemahkan laman website ke bahasa berbeda di Microsoft Edge