Sebagaimana yang kita ketahui, Microsoft Edge adalah browser (peramban) standar di Microsoft Windows 10 untuk menggantikan browser lama Microsoft Internet Explorer. Microsoft Edge bukan browser lanjutan dari Microsoft Internet Explorer, melainkan browser yang benar-benar baru dan dikembangkan dari awal. Microsoft Edge adalah browser yang lebih cepat dan aman di Windows 10 dan didesain untuk web modern.

Kepercayaan pengguna Microsoft Windows 10 pada browser Microsoft Edge terus tumbuh. Banyak pengguna Windows 10 merasa tidak perlu lagi memasang (install) browser lainnya seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox. Ini menunjukkan bahwa browser Microsoft Edge memang lebih baik dari browser Microsoft Internet Explorer yang memang pernah mengalami kegagalan dan ditinggalkan oleh banyak penggunanya.

Sebagai pengguna setia browser Microsoft Edge, sudah barang tentu Anda akan menggunakannya untuk kegiatan browsing dan mengunduh (download) file. Secara standar, Microsoft Edge akan menyimpan file-file unduhan di folder Downloads. Di Windows 10, folder Downloads berada di folder Users di drive yang sama dimana Windows 10 diinstal. Jika Windows 10 mempunyai beberapa pengguna teregistrasi, masing-masing akan memiliki folder Download terpisah di setiap akunnya.

Untuk sebagian pengguna, folder Downloads mungkin bukan lokasi penyimpanan terbaik untuk file unduhan. Mereka lebih memilih untuk menentukan folder sendiri sebagai tempat menyimpan file unduhan. Bila Anda termasuk salah satunya, Anda juga dapat menentukan folder yang diinginkan sebagai tempat menyimpan file unduhan. Microsoft Edge menyediakan fitur agar Anda dapat merubah folder sebagai tempat menyimpan file unduhan.

Jalankan browser Microsoft Edge, klik tombol Settings and more (1) yang terletak di sudut kanan atas dan kemudian pilih Settings (2) yang ada di posisi paling bawah.

Merubah lokasi folder unduhan di browser Microsoft Edge

Di Settings (1), gulung ke bawah sampai ke bagian Advanced Settings (2) dan kemudian klik tombol View advanced settings (3).

Merubah lokasi folder unduhan di browser Microsoft Edge

Di Advanced settings (1), pastikan Anda berada di bagian Downloads (2) dan kemudian klik tombol Change (3).

Merubah lokasi folder unduhan di browser Microsoft Edge

Di kotak dialog Select Folder yang muncul, tentukan folder baru sebagai tempat menyimpan file-file unduhan (2) dan kemudian klik tombol Select Folder (2).

Merubah lokasi folder unduhan di browser Microsoft Edge