Sebagai pengguna Microsoft Windows 10, Anda sudah memiliki sebuah browser default di dalamnya yaitu Microsoft Edge. Microsoft Edge adalah browser yang mudah digunakan, lebih cepat, lebih aman di Windows 10 dan didesain untuk web modern. Sebagian besar pengguna Microsoft Windows sudah tidak perlu lagi menginstal browser-browser lain karena sudah cukup puas dengan kinerja Microsoft Edge.

Setiap Anda menelusuri web, url dari laman web yang Anda kunjungi akan disimpan oleh Microsoft Edge dalam bentuk riwayat penelusuran (browsing history). Browsing history ini sebenarnya berguna sekali. Ketika Anda kembali untuk menggunjungi laman web yang sebelumnya pernah Anda kunjungi namun telah lupa urlnya, Anda dapat menggunakan browsing history tersimpan.

Namun salah satu kekurangan dari adanya browsing history adalah privasi Anda menjadi terganggu. Jika komputer yang Anda gunakan untuk menjelajah web-web juga digunakan oleh orang lain, orang tersebut dapat dengan mudah mengetahui semua halaman web yang pernah Anda kunjungi. Jika Anda peduli dengan privasi Anda, Anda seharusnya menghapus riwayat penjelajahan tersebut.

Menghapus riwayat penjelajahan di browser Microsoft Edge dapat dilakukan dengan mudah. Anda juga mempunyai opsi untuk menghapus riwayat penjelajahan secara otomatis. Setiap kali Anda keluar dari browser, riwayat penjelajahan akan dihapus secara otomatis untuk Anda. Secara default fitur ini tidak aktif. Untuk mengaktifkan fitur penghapusan secara otomatis browsing history di browser Microsoft Edge, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Buka browser Microsoft Edge, klik tombol Settings and more yang terletak di sudut kanan atas (1) dan kemudian pilih Settings (2).

Menghapus browsing history di Microsoft Edge secara otomatis

Gulung ke bawah sampai Anda berada di bagian Clear browsing data (1) dan kemudian klik tombol Choose what to clear (2).

Menghapus browsing history di Microsoft Edge secara otomatis

Beri tanda centang di kotak centang yang datanya ingin dihapus (1) dan kemudian atur nilai tombol toggle dari Off menjadi On (2).

Menghapus browsing history di Microsoft Edge secara otomatis