Banner Jaringan

Membuat Jaringan Wireless Mode Ad Hoc Di Windows

Jaringan wireless merupakan jaringan nirkabel (tanpa kabel) yang memanfaatkan gelombang radio untuk berkomunikasi antar komputer yang terhubung. Di jaringan wireless sendiri, dikenal dua macam topologi yaitu ad hoc dan infrastruktur. Perbedaan antara keduanya adalah ada tidaknya wireless access point (atau hanya access point) yang berupa wireless router. Untuk jaringan wireless mode ad hoc (disebut juga computer-to-computer network | peer-to-peer network), komunikasi dalam jaringan dilakukan langsung antar komputer tanpa melalui access point, sedangkan untuk jaringan wireless infrastruktur, komunikasi antar komputer dilakukan melalui access point (terpusat melalui access point).

Jaringan wireless saat ini telah menjadi pilihan dan sangat mudah dibuat karena sebagian besar laptop sudah terpasang wireless network adapter. Apabila di dalam jaringan wireless disertakan PC yang tidak memiliki wireless nerwork adapter, Anda dapat menggunakan USB wireless adapter. Untuk jaringan skala kecil yang terdiri dari beberapa komputer saja, mode wireless ad hoc dapat menjadi pilihan yang tepat, terlebih lagi sistem operasi Microsoft windows telah menyematkan fitur wireless ad hoc untuk kemudahan pembuatan jaringan wireless jenis ini. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat jaringan wireless ad hoc:

Klik tombol Start yang terletak di sudut kiri bawah dan kemudian ketikkan "ad hoc" di kontak search programs and files untuk menampilkan tautan (link) Set up an ad hoc (computer-to-computer) network. Klik tautan tersebut untuk memulai membuat jaringan wireless ad hoc.

Membuat jaringan wireless mode ad hoc di Windows

Dari kotak dialog Set Up an Ad Hoc Network yang mucul, klik tombol Next.

Membuat jaringan wireless mode ad hoc di Windows

Beri nama jaringan sesuai keinginan Anda (misalnya AHNetwork), biarkan tipe keamanan pada WPA2-Personal, ketikkan sandi keamanan untuk jaringan yang dibuat dan beri centang pada kotak centang berlabel Save this network agar jaringan ini selalu ada untuk keperluan di lain waktu. Klik tombol Next untuk melanjutkan.

Membuat jaringan wireless mode ad hoc di Windows

Pembuatan atau penyiapan jaringan wireless network akan dilakukan. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai.

Membuat jaringan wireless mode ad hoc di Windows

Jaringan wireless ad hoc telah selesai dibuat dan siap digunakan.

Membuat jaringan wireless mode ad hoc di Windows

Klik ikon network yang ada di area notifikasi yang terletak di sudut kanan bawah untuk menampilkan daftar network yang tersedia. Pilih jaringan wireles ad hoc yang telah dibuat dan kemudian pilih tombol Connect. Sekarang jaringan wireless network telah siap menerima koneksi dari komputer lain.

Membuat jaringan wireless mode ad hoc di Windows

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.