Banner Jaringan

Cara Mengetahui IP Address Komputer

Mengetahu alamat IP sebuah komputer, terlebih lagi komputer yang dipakai sendiri terkadang dirasa penting. Misalnya, beberapa komputer di sebuah kantor memiliki koneksi internet melalui wereless network router. Suatu ketika, Pimpinan meminta untuk melakukan streaming dan merekam acara penting di stasiun televisi. Karena bandwide terbatas, koneksi beberapa komputer ke internet perlu diputus sementara waktu untuk meningkatkan bandwide. Untuk menghindari terputusnya koneksi komputer yang memang harus terkoneksi ke internet, pengguna komputer yang koneksi internet akan diputus sementara waktu diminta untuk memberikan alamat IP komputernya untuk bisa diputus oleh administrator jaringan.

Bagi Anda yang menggeluti dunia IT, mengetahui alamat IP komputer yang digunakan merupakan hal yang tidak terlalu sulit. Namun bagaimana dengan orang awam yang memang benar-benar tidak mengetahui caranya. Apabila Anda salah satu di antaranya, Anda tidak perlu khawatir. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengetahui alamat IP komputer yang Anda gunakan:

Melalu jendela Command Prompt.

Klik tombol Start. Di bagian kotak teks Search programs and files, ketikkan cmd dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

Cara mengetahui IP address komputer

Dari jendela Command Prompt yang ditampilkan, ketikkan ipconfig dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

Cara mengetahui IP address komputer

Di bagian Ethernet adapter Local Area Connection, di baris IPv4 Address, Anda dapat menemukan alamat IP dari komputer yang sedang Anda gunakan (192.168.88.100).

Cara mengetahui IP address komputer

Melalui Network and Sharing Center.

Tampilkan icon tray dengan menekan ikon anak panah kecil mengarah ke atas yang berada di sudut kanan bawah dan kemudian klik ikon Internet access.

Cara mengetahui IP address komputer

Dari jendela yang ditampilkan, klik tautan (link) Open Network and Sharing Center yang terletak di bagian bawah.

Cara mengetahui IP address komputer

Klik tautan Wireless Network Connection yang ada di bagian View your active networks.

Cara mengetahui IP address komputer

Dari jendela Wireless Network Connnection Status yang ditampilkan, klik tombol Details...

Cara mengetahui IP address komputer

Jendela Network Connection Detail ditampilkan berisi informasi terkait koneksi jaringan. Anda dapat melihat kembali alamat IP komputer yang sama (192.168.88.100) di baris IPv4 Address.

Cara mengetahui IP address komputer

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.