Banner Jaringan

Menghapus Profil Jaringan Wireless Yang Tersimpan Di Microsoft Windows

Ketika Anda terkoneksi ke jaringan wireless (wi-fi network) di Microsoft Windows 10, sistem operasi akan membuat profile untuk koneksi tersebut. Detil informasi yang tersimpan di profil meliputi SSID (nama jaringan), password, tipe enkripsi yang digunakan dan lain sebagainya. Dalam kurun waktu tertentu, daftar profil akan terus bertambah ketika Anda terhubung ke jaringan wireless berbeda. Anda mungkin perlu menghapus salah satu dari daftar profil jaringan wireless karena yakin sudah tidak akan lagi terhubung kembali.

Alasan lain Anda perlu menghapus profile jaringan wireless yang tersimpan adalah saat mendapati adanya masalah koneksi pada jaringan wireless. Ketika Anda terkoneksi kembali ke jaringan wireless yang telah dihapus, Anda akan diminta kembali untuk memasukkan password. Windows akan mengatur ulang dari awal, membuat kembali profil baru untuk jaringan wireless tersebut dan kemudian menyimpannya kembali. Berikut ini adalah cara menghapus profil jaringan wireless di Microsoft windows 10:

Untuk memulai, klik tombol Start yang terletak di sudut kiri bawah dan kemudian pilih Settings.

Menghapus profil jaringan wireless yang tersimpan di Microsoft Windows

Di laman Windows Settings yang muncul, klik atau pilih Network & Internet.

Menghapus profil jaringan wireless yang tersimpan di Microsoft Windows

Di laman Network & Internet yang muncul, di area sebelah kiri, klik Wi-Fi.

Menghapus profil jaringan wireless yang tersimpan di Microsoft Windows

Masih di laman Network & Internet, di area sebelah kanan, di bagian Wi-Fi, klik tautan (link) warna biru Manage known Netwoks.

Menghapus profil jaringan wireless yang tersimpan di Microsoft Windows

Di laman Manage known networks yang muncul, pilih profil wireless network yang ingin dihapus (kebetulan dalam contoh cuma ada satu yaitu XT1033 6605) dan kemudian klik tombol Forget. Profil wireless network XT1033 6605 akan dihapus dari daftar. Ketika Anda terkoneksi kembali ke jaringan wireless yang sama setelah penghapusan, Anda akan diminta untuk memasukkan password kembali.

Menghapus profil jaringan wireless yang tersimpan di Microsoft Windows

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.