Fitur berbagi file dan printer (file and printer sharing) di Microsoft Windows memperbolehkan pengguna komputer untuk berbagi file yang tersimpan di komputer dan printer yang melekat di komputer dengan komputer lain yang ada di dalam suatu jaringan. Berbagi file (file sharing) akan menjadikan file dan folder di shared folder dapat diakses oleh komputer lain di dalam jaringan untuk dilihat, disalin dan bahkan dirubah. Berbagi printer (printer sharing) akan menjadikan printer yang melekat di sebuah komputer tersedia untuk komputer lain di dalam jaringan.

Ketika komputer yang Anda gunakan membentuk jaringan lokal (LAN) yaitu terkoneksi dengan perangkat digital lainnya yang ada di rumah (home network) atau di kantor (office network), Anda mungkin akan memilih untuk mengaktifkan fitur file and printer sharing. Dengan demikian, komputer lain yang ada di dalam jaringan dapat mengakses file yang tersimpan di komputer Anda dan juga menggunakan printer yang melekat di komputer Anda. Demikian pula sebaliknya, Anda juga dapat mengakses file yang tersimpan di komputer lain dan juga menggunakan printer yang melekat di komputer lain. Tentu semua ini dengan syarat apabila Anda memiliki ijin yang sesuai dan mengetahui username dan password dengan benar.

Dalam situasi berbeda, Anda mungkin berfikir untuk menonaktifkan fitur file and printer sharing ketika menggunakan komputer di tempat umum (public area) seperti di kafe, restoran atau perpustakaan agar supaya file dan printer tidak terakses oleh komputer lain yang ada dalam subnet yang sama. Untuk lebih memastikan tidak adanya resiko tersebut, Anda juga dapat mematikan fitur Network Discovery agar komputer Anda tidak dapat diketahui (terlacak) oleh komputer lainnya. Microsoft Windows memberikan kemudahan kepada Anda untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur file and printer sharing. Berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur file and printer sharing di Microsoft Windows 10:

Klik kanan tepat di tombol Start dan kemudian pilih Control Panel.

Mengaktifkan atau menonaktifkan fitur berbagi file dan printer di Windows

Di laman Control Panel yang muncul, klik atau pilih Network and Internet.

Mengaktifkan atau menonaktifkan fitur berbagi file dan printer di Windows

Di laman Network and Internet yang muncul, klik atau pilih Network and Sharing Center.

Mengaktifkan atau menonaktifkan fitur berbagi file dan printer di Windows

Di laman Network and Shanring Center yang muncul, di area sebelah kiri, klik tautan Change advanced sharing settings.

Mengaktifkan atau menonaktifkan fitur berbagi file dan printer di Windows

Anda akan mendapati dua profil jaringan yaitu Private (1) dan Guest or Public (2). Klik salah satu tergantung dari keperluan Anda, misalnya dalam contoh ini dipilih Private. Untuk mengaktifkan fitur file and printer sharing, klik atau pilih tombol radio berlabel Turn on file and printer sharing, sedangkan untuk menonaktifkannya, klik atau pilih tombol radio berlabel Turn off file and printer sharing. Cara yang sama juga berlaku untuk profil Guest or Public.

Mengaktifkan atau menonaktifkan fitur berbagi file dan printer di Windows

Baca artikel terkait lainnya: