Banner Jaringan

Menangani Konflik Alamat IP Statik Di Windows

Pernahkah Anda mendapatkan pesan terkait adanya konflik pengalamatan IP (IP Address) yang tiba-tiba muncul saat masuk ke sistem jaringan? Saat pesan "There is an IP Address conflict with another system on the network" muncul, Anda tahu bahwa sistem komputer tidak bisa mengakses internet karena koneksinya terputus sampai masalah konflik pengalamatan diatasi. Permasalah seperti ini sering ditemui pada pengguna jaringan. Untuk pengalamatan IP otomatis (dinamis) yang menggunakan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol), konflik semacam ini bersifat sementara dan akan terselesaikan dengan sendirinya. Untuk pengalamatan IP secara manual (statik), Anda perlu memastikan bahwa tidak ada alamat IP yang sama (indentik) untuk sistem komputer di dalam jaringan, apabila kurang yakin, bisa berkonsultasi dengan administrator jaringan.

Pemecahan masalah pengalamatan IP memerlukan pemahaman terkait bagaimana suatu sistem komputer di dalam jaringan saling berkomunikasi. Suatu sistem komputer di dalam jaringan dapat saling bertukar informasi apabila mereka diberi alamat IP. Masing-masing sistem komputer di dalam jaringan yang sama harus mempunyai alamat IP yang berbeda. Apabila ada dua sistem komputer mempunyai alamat IP yang identik (sama), maka konflik pengalamatan IP terjadi untuk kedua sistem komputer tersebut. Konflik ini akan mengakibatkan perangkat jaringan kedua sistem komputer dimatikan dan koneksi keduanya ke jaringan terputus sampai masalahnya diatasi.

Sebagai contoh untuk mengalamatan IP secara manual (statik). Anda sedang membangun sebuah jaringan workgroup untuk sebuah lingkup bagian yang terdiri atas 10 komputer agar dapat bertukar data. Saat proses pemberian alamat IP untuk setiap komputer, tanpa sengaja Anda memberikan alamat IP yang sama untuk komputer9 dan komputer10. Saat jam masuk kantor, komputer1 sampai dengan komputer9 dinyalakan dan konflik belum terjadi. Ketika komputer10 ikut dinyalakan, konflik pengalamatan IP terjadi antara komputer9 dan komputer10. Konflik yang terjadi harus diatasi dengan memberi alamat IP komputer10 berbeda dengan alamat IP sembilan komputer sebelumnya. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengganti alamat IP statik sebuah komputer:

Klik tombol Start > Control Panel.

Menangani konflik alamat IP statik di Windows

Dari jendela yang muncul, klik Network and Internet.

Menangani konflik alamat IP statik di Windows

Dari jendela yang muncul, klik Network and Sharing Center.

Menangani konflik alamat IP statik di Windows

 Dari jendela yang muncul, klik tautan (link) Change adapter settings yang ada di area sebelah kiri.

Menangani konflik alamat IP statik di Windows

Kilk kanan di ikon Local Area Connection untuk menampilkan menu pintas (shortcut menus) dan pilih Properties.

Menangani konflik alamat IP statik di Windows

Dari kotak dialog Local Area Connection Properties, pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan kemudian klik tombol Properties.

Menangani konflik alamat IP statik di Windows

Dari kotak dialog Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) Properties, ganti nilai IP Address yang berbeda dengan IP Address yang telah diberikan ke sembilan komputer sebelumnya, tetapi masih dalam subnet mask yang sama dan tekan tombol OK untuk memberlakukan perubahan.

Menangani konflik alamat IP statik di Windows

Tekan tombol Close untuk memberlakukan perubahan pengaturan (settings).

Menangani konflik alamat IP statik di Windows

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.