IPv6 merupakan protokol baru pengalamatan komputer yang menjadi penerus IPv4. IPv6 dikembangkan dengan maksud untuk mengantisipasi kemungkinan munculnya masalah pada IPv4 nantinya. Sampai saat ini, IPv4 masih menjadi standar protokol jaringan yang paling populer dan paling banyak digunakan. IPv6 masih belum terlalu umum dan banyak software, router, modem dan perlengkapan jaringan lainnya tidak mendukung protokol baru ini.

IPv6 sendiri telah diimplementasikan dan didukung oleh Microsoft mulai dari sistem operasi Windows Vista. IPv6 ini sudah terinstal di sistem operasi dan secara standar telah diaktifkan. Jika Anda masuk untuk melihat properti perangkat jaringan, Anda akan mendapati IPv4 dan IPv6 keduanya aktif. Lalulintas atau paket data terkirim melalui IPv6 masih sangat sedikit, jauh lebih besar melalui IPv4. Bila IPv6 tidak digunakan, Anda dapat menonaktifkannya untuk menjaga sumber daya sistem.

IPv6 di Windows Vista dan sistem operasi Windows versi berikutnya tidak dapat dicopok (uninstall), namun bisa dinonaktifkan. Untuk sebagian pengguna, menonaktifkan IPv6 di Microsoft Windows tidak akan memberi dampak apapun pada akses ke internet. Nah, bila Anda ingin menonaktifkan IPv6 di komputer Windows Anda, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Di area notifikasi (notification area) yang ada di sebelah kanan taksbar, klik tombol dengan ikon Network/WiFi (1) dan kemudian pilih Open Network and Sharing Centre (2).

Menonaktifkan protokol IPv6 di Microsoft Windows

Di jendela Network and Sharing Centre yang muncul, klik tautan Change adapater settings yang ada di bilah kiri.

Menonaktifkan protokol IPv6 di Microsoft Windows

Di jendela Network Connections yang muncul, pilih perangkat jaringan yang IPv6 ingin dinonaktifkan, klik kanan tombol mouse tepat di perangkat tersebut untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih Properties.

Menonaktifkan protokol IPv6 di Microsoft Windows

Di kotak dialog WiFi Properties yang muncul, pastikan Anda berada di tab Networking (1), hilangkan tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6) (2) dan kemudian akhiri dengan mengklik tombol OK (3). Restart komputer Anda untuk memberlakukan perubahan.

Menonaktifkan protokol IPv6 di Microsoft Windows