Pin It

Ketika Anda mengklik tombol Start di Windows 7, sebuah tombol power akan muncul di sebelah kanan bawah dari tombol Start. Secara default (standar), Shut down akan terpilih untuk mematikan (mengakhiri) sesi Windows Anda. Ketika Anda mengklik tombol panah yang ada di samping tombol power, beberapa pilihan aksi akan ditampilkan seperti Switch user, Lock off, Lock, Restart, Sleep dan Hibernate.

Sebenarnya, aksi default Shut down bukan satu-satunya pengaturan yang tidak dapat dirubah. Anda masih dapat mengganti Shut down dengan pilihan lain sebagai aksi default. Misalnya, Anda sering meninggalkan kantor dan membiarkan Windows tetap menyala karena akan dipakai kembali. Dalam kondisi seperti ini, Anda akan lebih memilih untuk mengunci Windows dengan aksi Lock atau Lock off agar tidak dipergunakan oleh orang lain selama ditinggalkan. Dengan demikian, aksi Lock atau Lock off lebih sering digunakan daripada aksi Shut down. Untuk itu, Anda dapat menjadikan Lock atau Lock off sebagai aksi default di tombol power. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk merubah aksi default selain Shut down:

Ketika Anda menekan tombol Start, nampak bahwa Shut down merupakan aksi default. Ketika tombol panah diklik, beberapa pilihan aksi juga ditampilkan.

Merubah aksi default tombol power di Windows

Untuk merubah aksi default Shut down, klik kanan (right click) area kosong di taksbar untuk menampilkan shortcut menu dan kemudian pilih Properties.

Merubah aksi default tombol power di Windows

Kotak dialog Taskbar and Start Menu Properties ditampilkan. Pastikan Anda berada di tab Start Menu. Dari kotak daftar drop-down berlabel Power button action, pilih Log off dan kemudian klik tombol Apply dan OK.

Merubah aksi default tombol power di Windows

Sekarang Anda dapat memperhatikan bahwa aksi default tombol power terlah berubah menjadi Lock off.

Merubah aksi default tombol power di Windows

Baca artikel terkait lainnya: