Banner Sistem Operasi

Mengkonfigurasi Windows 7 Untuk Menampilkan Ekstensi File

Apakah Anda pernah menjumpai nama file yang sama di sebuah direktori atau folder dari Windows Explorer? Apakah Anda merasa bingung sedangkan Anda mengetahui bahwa sistem operasi Microsoft Windows tidak memperbolehkan nama file yang sama di sebuah direktori atau folder. Tentu, sampai sekarangpun sistem operasi Microsoft Windows masih melarang adanya file dengan nama dan ekstensi yang sama dalam sebuah direktori atau folder. Anda mungkin benar pernah melihat file dengan nama sama, tetapi dapat dipastikan bahwa ekstensi file tersebut berbeda.

Secara standar, sistem operasi Microsoft Windows tidak menampilkan ekstensi file ketika Anda menjelajahi file di sistem operasi Microsoft Windows menggunakan Windows Explorer. Hal ini mungkin menjadi pertimbangan setelah melalui berbagai studi kasus atau masukan bahwa Microsoft menemukan banyak orang tidak menyukai tampilan ekstensi yang mengikuti nama file. Apabila Anda kurang setuju dengan apa yang dilakukan Microsoft terkait tidak menampilkan ekstensi mengikuti nama file, Microsoft masih memberikan opsi untuk merubah konfigurasi standar ini. Berikut ini adalah cara untuk menampilkan ekstensi file mengikuti nama file di sistem operasi Microsoft Windows:

Anda dapat memperhatikan beberapa file ditampilkan tanpa disertai ekstensi sebelum konfigurasi Windows dilakukan.

Mengkonfigurasi Windows 7 Untuk Menampilkan Ekstensi File

Untuk mulai melakukan konfigurasi, klik kanan tombol Start yang terletak di pojok kiri bawah dan kemudian pilih Open Windows Explorer.

Mengkonfigurasi Windows 7 Untuk Menampilkan Ekstensi File

Ketika jendela Windows Explorer terbuka, klik Organize yang terletak di pojok kiri atas dan kemudian pilih Folder and search options.

Mengkonfigurasi Windows 7 Untuk Menampilkan Ekstensi File

Di jendela Folder Options yang muncul, pastikan Anda berada di tab View dan bagian Advanced settings, hilangkan tanda centang dari kotak centang (check box) berlabel Hide extensions for known file types. Tekan tombol Apply dan kemudian tombol OK untuk menyimpan perubahan.

Mengkonfigurasi Windows 7 Untuk Menampilkan Ekstensi File

Kunjungi kembali direktori atau folder Anda dan sekarang perhatikan bahwa ekstensi telah ditampilkan mengikuti nama file.

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.