Banner Sistem Operasi

Menyeleksi File Atau Folder Di Windows 7 Dengan Check Box

Windows 7 mempunyai banyak sekali fitur-fitur tersembunyi yang tidak termasuk dalam kategori standarnya (defaut). Untuk menggunakan fitur-fitur tersebut, Anda perlu melakukan konfigurasi terlebih dahulu. Terkadang fitur yang tidak termasuk kategori standar tersebut, justru lebih membantu dan mempermudah melakukan sesuatu dibandingkan dengan tampilan standar bawaan.

Salah satu fitur menarik yang sangat jarang digunakan dan diketahui adalah proses penyeleksian beberapa file atau folder. Bagi Anda yang suka sekali menjelajah file atau folder menggunakan Windows Explorer, tidak akan menyadari bahwa Windows 7 dapat menampilkan kotak centang (check box) di samping kiri nama file atau folder. Kotak centang tersebut dapat digunakan untuk menyeleksi sekaligus beberapa file atau folder dengan lebih mudah dengan cara memberi tanda centang di kotak centang yang ditampilkan di sebelah kiri nama file atau folder.

Contoh lain pemanfaatan fitur ini adalah saat Anda ingin membuka beberapa file dari program aplikasi (misalnya Microsoft Word). Apabila Anda menggunakan cara normal untuk menyeleksi beberapa file sekaligus, Anda terlebih dahulu harus menekan tombol keyboard SHIFT atau CTRL dan kemudian memilih file atau folder yang diinginkan. Dengan fitur ini, Anda cukup memberi centang file-file yang diinginkan tanpa harus melakukan penekanan tombol keyboard SHIFT atau CTRL. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur tersebut:

Klik tombol Start dan ketikkan "Folder Options" di kotak pencarian (search box) dari sistem operasi Windows 7 dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

Menyeleksi file atau folder di Windows dengan Check Box 

Dari jendela Folder Options yang muncul, pastikan Anda berada di tab View.

Menyeleksi file atau folder di Windows dengan Check Box

Di area Advanced setting, beri tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Use check boxes to select items dan kemudian tekan tombol Apply dan OK.

Menyeleksi file atau folder di Windows dengan Check Box

Sebagai contoh, jalankan aplikasi Microsoft Office Word dan kemudian buka beberapa dokumen sekaligus. Anda tinggal memberi tanda centang di dokumen-dokumen yang ingin dibuka tanpa harus menekan tombol SHIFT atau CTRL.

Menyeleksi file atau folder di Windows dengan Check Box

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.