Sebagaimana telah disinggung dalam artikel Firefox OS Untuk Mobile Besutan Mozilla tentang rencana hadirnya sistem operasi baru yaitu Firefox OS untuk perangkat mobile yang bersifat open source (sumber terbuka), sekarang telah menjadi kenyataan. Proyek yang diberi nama Firefox OS (penamaan ulang dari Boot to Gecko | B2G) yang saat itu masih dikerjakan dan terus mengalami perubahan, kini telah siap dibenamkan ke dalam perangkat mobile. Perjalanan panjang dan keseriusan Mozilla dalam mengembangkan sistem operasi ini pada akhirnya berbuah manis.

Dua ponsel yang pertama kali menggunakan sistem operasi ini adalah ZTE Open dan Alcatel One Touch Fire. Hal ini bisa dimaklumi karena produsen perangkat mobile dari Cina, ZTE, dari awal telah menyatakan kesiapannya untuk memproduksi perangkat mobile berbasis Firefox OS, sedangkang operator seluler, Telefonia, juga telah berkomitmen untuk memberi dukungan pada fitur Voice di Firefox OS dan siap memasarkan ZTE Open. Selain ZTE dan Telefonia, dukungan terhadap sistem operasi ini juga telah diberikan oleh Huawei, LG dan Sony.

Namun untuk sementara ini, kedua ponsel tersebut hanya dipasarkan terbatas di beberapa negara dengan target pemasaran pertama adalah Spanyol. Setelah itu Mozilla dan mitra produsen perangkat mobile akan memasarkan produknya ke Amerika Latin, Eropa dan kemudian Asia. Meskipun kepastian masuknya perangkat mobile berbasis Firefox OS ke Asia belum ada, bukan berarti Anda tidak bisa mencicipi sistem operasi baru ini. Bagi yang setia menggunakan peramban (browser) Mozilla Firefox, Anda dapat memasang (install) Firefox OS Simulator sebagai add-on peramban tersebut.

Firefox OS Simulator merupakan lingkungan uji coba untuk Firefox OS. Tampilan dan nuansanya mirip dengan Firefox OS yang berjalan di perangkat mobile. Ukuran add-on ini cukup lumayan besar, antara 50-70 MB karena merupakan simulasi yang lengkap dari Firefox OS. Anda dapat menambahkan add-on Firefox OS Simulator langsung ke browser mozilla Firefox melalui link https://addons.mozilla.org/en-us/firefox/addon/firefox-os-simulator/. Karena ukuran add-on yang cukup lumayan, Anda perlu waktu beberapa menit sampai proses instalasinya selesai.

Dari link di atas, Anda akan di arahkan ke halaman web Firefox OS Simulator. Klik tombol Add to Firefox untuk mulai memasang (install) di peramban Mozilla Firefox.

Firefox OS Simulator

Anda perlu menunggu beberapa menit agar add-on Firefox OS Simulator selesai diunduh (download).

Firefox OS Simulator

Ketika add-on Firefox OS Simulator selesai diunduh (download), akan muncul kotak dialog Software Installation. Klik tombol Install Now untuk mulai memasang (install) add-on tersebut di peramban Mozilla Firefox.

Firefox OS Simulator

Ketika proses instal selesai, klik tombol Firefox warna orange yang berada di sudut kiri atas peramban Mozilla Firefox. Pilih menu Web Developer dan klik submenu Firefox OS Simulator.

Firefox OS Simulator

Tab baru dari peramban Mozilla Firefox dengan nama Simulator Dasboard - Firefox OS terbuka. Klik tombol Stopped untuk mulai menjalankan Firefox OS Simulator.

Firefox OS Simulator

Firefox OS Simulator dijalankan. Anda sekarang dapat mulai menjelajah fitur-fitur dari sistem operasi mobile tersebut. Anda dapat mengoperasikan sebagaimana sistem operasi mobile Android, Windows Phone dan IOS. Berikut ini adalah beberapa screenshot dari simulator Firefox OS:

Firefox OS SimulatorFirefox OS Simulator

Firefox OS SimulatorFirefox OS Simulator