Banner Sistem Operasi

Android 4.4 Kitkat, Versi Terbaru Sistem Operasi Mobile Android

Siapa yang tidak kenal dengan Android, sistem operasi sumber terbuka (open source) untuk perangkat mobile yang kini telah menjelma menjadi jawara dan mendominasi di berbagai device yang ada. Sampai saat ini, Android OS telah memberi kekuatan ke lebih dari 1 milyar device. Berita barunya, sistem operasi ini telah menapaki tangga versi berikutnya yaitu Android 4.4. Sebagaimana versi sebelumnya yang diberi nama dari nama makanan pencuci mulut (dessert), codename untuk versi terbaru ini adalah Android Kitkat. Kitkat adalah nama merek dagang (trademark) cokelat terkenal dari Nestle.

Anda tentu masih ingat nama-nama Android mulai dari versi sebelumnya: Cupcake (Android 1.5), Donut (Android 1.6), Eclair (Android 2.0), Froyo (Android 2.2), Gingerbread (Android 2.3), Honeycomb (Androi 3.0), Ice Cream Sandwich (Android 4.0) dan Jelly Bean (Android 4.1, Android 4.2 dan Android 4.3). Banyak orang telah memprediksi bahwa versi setelah Android 4.3 adalah Android 5.0 dengan codename Key Lime Pie. Namun informasi dari pihak Google mengatakan bahwa versi berikutnya adalah Android 4.4 dengan codename Android Kitkat. Kemungkinan Android 5.0 dengan codename Key Lime Pie akan menjadi versi dan codename sistem operasi Android berikutnya.

Android 4.4 Kitkat

Setiap versi baru yang dirilis kemungkinan akan ada perbaikan dari sisi perangkat pendukung dan penambahan fitur baru (minimal perbaikan pada fitur yang ada di versi sebelumnya). Prediksi perbaikan dan peningkatan fitur di Android Kitkat ini kemungkinan ada pada profil ganda, pesan chat yang terintegrasi, device manager, perbaikan baterai, kinerja dan fitur keamanan, dukungan CPU tri-core dan software refined. Google sendiri telah berencana untuk menggunakan Android rilis berikutnya di smartwatche, kosol game, smarphone murah dan bahkan laptop.

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.