Secara standar, Anda perlu melakukan double-click (klik ganda) untuk membuka file atau folder serta menjalankan program aplikasi di sistem operasi Windows. Bagi mereka yang baru belajar dan mengenal komputer, melakukan double-click bukan perkara yang mudah sebab harus dilakukan dalam tempo yang cepat. Apabila ada jeda waktu antara klik pertama dan kedua yang cukup, maka akan dianggap sebagai single-click (single-click) dan file atau folder tidak akan terbuka dan program aplikasi tidak akan berjalan.

Jika Anda mengalami kesulitan dengan double-click dan perlu bekerja dengan lebih cepat di komputer, Anda dapat mengatur komputer tersebut untuk mengganti dari opsi double-click ke opsi single-click sehingga file atau folder dapat dibuka dan program aplikasi dapat dijalankan dengan lebih mudah. Fitur pengaturan ke single-click ini umumnya ada di sistem operasi Windows. Berikut ini langkah-langkah untuk mengganti ke opsi single-click:

Klik tombol Start > Control Panel > Appearance and Personalization

Merubah mouse dari double-click ke single-click di Windows

Di kelompok Folder Options yang terletak di bagian bawah, klik tautan dengan label Specify single- or double-click to open.

Merubah mouse dari double-click ke single-click di Windows

Di jendela Folder Options yang muncul, pilih tombol radio (radio button) berlabel Single-click to open an item (point to select), klik tombol Apply dan kemudian tombol OK untuk mengakhiri.

Merubah mouse dari double-click ke single-click di Windows

Sekarang Anda dapat membuka file atau folder serta menjalankan program aplikasi dengan cukup melakukan klik tunggal (single-click).

Baca artikel terkait lainnya: