Banner Sistem Operasi

Merubah Mouse Dari Double-Click Ke Single-Click Di Windows 7

Secara standar, Anda perlu melakukan double-click (klik ganda) untuk membuka file atau folder serta menjalankan program aplikasi di sistem operasi Windows. Bagi mereka yang baru belajar dan mengenal komputer, melakukan double-click bukan perkara yang mudah sebab harus dilakukan dalam tempo yang cepat. Apabila ada jeda waktu antara klik pertama dan kedua yang cukup, maka akan dianggap sebagai single-click (single-click) dan file atau folder tidak akan terbuka dan program aplikasi tidak akan berjalan.

Jika Anda mengalami kesulitan dengan double-click dan perlu bekerja dengan lebih cepat di komputer, Anda dapat mengatur komputer tersebut untuk mengganti dari opsi double-click ke opsi single-click sehingga file atau folder dapat dibuka dan program aplikasi dapat dijalankan dengan lebih mudah. Fitur pengaturan ke single-click ini umumnya ada di sistem operasi Windows. Berikut ini langkah-langkah untuk mengganti ke opsi single-click:

Klik tombol Start > Control Panel > Appearance and Personalization

Merubah mouse dari double-click ke single-click di Windows

Di kelompok Folder Options yang terletak di bagian bawah, klik tautan dengan label Specify single- or double-click to open.

Merubah mouse dari double-click ke single-click di Windows

Di jendela Folder Options yang muncul, pilih tombol radio (radio button) berlabel Single-click to open an item (point to select), klik tombol Apply dan kemudian tombol OK untuk mengakhiri.

Merubah mouse dari double-click ke single-click di Windows

Sekarang Anda dapat membuka file atau folder serta menjalankan program aplikasi dengan cukup melakukan klik tunggal (single-click).

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.