Banner Sistem Operasi

Membuat Ekspresi Matematika Dengan Math Input Panel Di Window 7

Untuk Anda yang bekerja sebagai seorang guru atau instruktur matematika, tentu tidak asing dengan dokumen yang menyajikan berbagai macam ekspresi matematika. Anda mungkin pernah berfikir, membuat dokumen berisi persamaan matematika yang rumit menggunakan bantuan komputer itu sulit, terlebih lagi apabila tidak tahu program aplikasi yang digunakan. Di era komputer dulu, hal ini mungkin bisa saja benar, tetapi saat ini, banyak program aplikasi perkantoran, misalnya Microsoft Office, yang telah memiliki fitur untuk membuat berbagai macam ekspresi matematika. Bahkan sistem operasi Windows, dimulai dari Windows 7, telah memiliki aplikasi kecil yaitu Math Input Panel untuk membuat berbagai macam ekspresi matematika dengan mudah.

Math Input Panel merupakan program aplikasi kecil yang mulai diperkenalkan di Windows 7 yang pengoperasiannya ditujukan untuk menggunakan alat input seperti touch screen, external digitizer atau mouse. Penulisan ekspresi matematika dengan menggunakan alat input tersebut akan dikenali oleh aplikasi ini dan kemudian dapat disisipkan (insert) ke program aplikasi perkantoran (office applications) seperti Microsoft Office, LibreOffice atau OpenOffice. Hebatnya lagi, ekspresi matematika yang telah disisipkan ke program aplikasi perkantoran masih bisa diperbaiki (edit) untuk dirubah sesuai keinginan. Ini dapat meningkatkan produktivitas ketika harus membuat dokumen atau presentasi yang memiliki banyak ekspresi matematika. Berikut ini adalah cara membuatnya:

Klit tombol Star > All Programs > Accessories > Math Input Panel.

Membuat ekspresi matematika dengan math input panel

Program aplikasi Math Input Panel dijalankan.

Membuat ekspresi matematika dengan math input panel

Tuliskan ekspresi matematika yang ingin dibuat di area yang telah tersedia. Untuk sementara, abaikan hasil penterjemahan program yang ada dibagian atas sampai penulisan ekspresi selesai karena Anda dapat merubahnya kemudian. Di sini Anda dapat melihat bahwa penulisan karakter b diterjemahkan oleh program menjadi nilai 0.

Membuat ekspresi matematika dengan math input panel

Untuk mengkoreksi nilai 0 menjadi karakter b, klik tombol Select and Correct, kemudian klik karakter b. Karakter yang diklik dan hasil terjemahan program akan berwarna merah dan Anda juga akan diberikan daftar pilihan drop-down sebagai alternatif pengkoreksian. Apabila tidak ada satupun di dalam daftar pilihan yang akan dipilih, Anda perlu mengganti dan menulis ulang karakter b semirip mungkin (klik tombol Erase, hapus karakter b dan tulis ulang). Untuk mengkoreksi kesalahan yang lain, lakukan langkah-langkah yang sama.

Membuat ekspresi matematika dengan math input panel

Membuat ekspresi matematika dengan math input panel

Apabila semuanya telah selesai dikoreksi dan didapatkan hasil ekspresi matematika yang diinginkan, klik tombol Insert untuk menyalin (copy) ekspresi matematika yang telah dibuat. Saat tombol Insert diklik, program aplikasi akan menutup secara otomatis. Ekspresi matematika yang telah dibuat tidak hilang dan akan disimpan di histori program untuk bisa digunakan di lain waktu.

Membuat ekspresi matematika dengan math input panel

Buka program aplikasi perkantoran Anda, misalnya Microsoft Office Word.

Membuat ekspresi matematika dengan math input panel

Sisipkan di tempat yang Anda inginkan di dokumen Microsoft Office Word. Hasil penyisipan masih dalam mode Edit sehingga Anda masih bisa mengkoreksinya di dokumen tersebut.

Membuat ekspresi matematika dengan math input panel

Klik mouse di luar are edit untuk mengakhiri penyisipan ekspresi matematika di dokumen Microsoft Office Word.

Membuat ekspresi matematika dengan math input panel

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.