Banner Sistem Operasi

Menangkap Gambar Di Layar Komputer Dengan Snipping Tool

Sistem operasi Microsoft Windows telah menyediakan tombol atau kombinasi tombol keyboard untuk menangkap atau mengambil gambar yang ada di layar komputer. Anda dapat menggunakan tombol keyboard PRTSC SYSRQ untuk mengambil gambar yang ditampilkan di layar komputer dengan ukuran satu layar penuh. Anda juga dapat menggunakan kombinasi tombol keyboard ALT + PRTSC SYSRQ untuk mengambil jendela atau kotak dialog yang sedang aktif. Kedua metoda tersebut mengharuskan Anda untuk meletakkannya (paste) terlebih dahulu hasil pengambilan di program lainnya, misalnya Microsoft Paint, Microsoft Word, Microsoft Excel sebelum diproses lebih lanjut.

Mulai dari sistem operasi Windows Vista, Microsoft telah menyertakan utilitas atau program aplikasi kecil untuk digunakan mengambil gambar secara bebas dari tampilan layar komputer. Utilitas tersebut adalah Snipping Tool yang berada di folder Accessories. Dengan utilitas tersebut, Anda dapat memilih secara bebas dan mudah potongan gambar yang dikehendaki dari layar komputer. Apabila potongan gambar yag diinginkan sudah didapat, Anda dapat menyimpannya langsung dalam format .png, .jpeg, .gif atau Single file HTML. Anda tidak perlu meletakkannya terlebih dahulu hasil pengambilan potongan gambar ke program lainnya. Berikut ini adalah cara menggunakan utilitas Snipping Tool:

Klik tombol Star > All Programs > Accessories > Snipping Tool untuk mulai menjalankan aplikasi Snipping Tool.

Menangkap gambar di layar komputer dengan snipping tool

Saat program aplikasi dijalankan, tampilan layar komputer Anda akan nampak redup (remang-remang). Anda sudah mulai dapat mengambil area tertentu yang ada di layar komputer. Anda cukup melakukan drag cursor (menekan sambil menggerakkan kursor) ke area yang akan diambil.

Menangkap gambar di layar komputer dengan snipping tool

Setelah cukup mengambil area yang ada di layar komputer, Anda dapat melepaskan penekanan tombol mouse. Gambar yang tertangkap akan dimasukkan di aplikasi Snipping Tool. Apabila gambar yang tertangkap tidak sesuai, Anda dapat mengulanginya kembali dengan menekan tombol New. Untuk mulai menyimpan, klik menu File > Save As... atau menekan tombol Save Snip.

Menangkap gambar di layar komputer dengan snipping tool

Pilih lokasi dan ekstensi filenya (.pnp, .gif, .jpeg atau Single file HTML) dan kemudian tekan tombol Save.

Menangkap gambar di layar komputer dengan snipping tool

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.