Untuk pengguna Microsoft Windows, tentu tidak asing dengan Windows Explorer. Windows Explorer merupakan software yang sudah menjadi bagian dari Microsoft Windows. Windows Explorer memberikan antarmuka grafis untuk mengakses berbagai file yang ada di komputer. Windows Explorer menyediakan berbagai mode untuk melihat-lihat file yang ada di suatu folder. Untuk mode Details, Anda akan mendapatkan informasi lebih lengkap terkait dengan file yang sedang dilihat, seperti tanggal file dibuat, tanggal file dimodifikasi, pengarang, jenis file, ukuran file dan sebagainya. Terkadang di mode ini, Anda akan mendapati informasi file terpotong karena ukuran kolom yang kurang sesuai. Namun demikian, Anda dapat mengatur agar lebar masing-masing kolom menyesuaikan secara otomatis dengan panjang masing-masing informasi yang terdapat di kolom-kolom tersebut.

Jalankan Windows Explorer dan buka folder yang berisi file-file. Apabila Anda berada di mode selain mode Details, rubah terlebih dahulu ke mode Details. Klik tombol More options yang berada di sudut kanan atas dan kemudian pilih Details.

Merubah ukuran kolom di mode detail Windows Explorer

File akan ditampilkan dengan informasi tambahan seperti tanggal file dibuat, tanggal file dimodifikasi, pengarang, jenis file, ukuran file dan sebagainya, tergantung pengaturan. Untuk informasi yang terpotong, akan diberi tanda berupa titik tiga (...). Untuk merubah ukuran kolom secara otomatis di mode Details agar menyesuaikan lebar informasi yang ditampilkan, klik kanan di salah satu header kolom untuk menampilkan shortcut menu dan kemudian pilih Size All Columns to Fit.

Merubah ukuran kolom di mode detail Windows Explorer

Masing-masing kolom akan menyesuaikan secara otomasi dengan informasi paling panjang yang ditampilkan.

Merubah ukuran kolom di mode detail Windows Explorer