Rasanya belum lama Google merilis sistem operasi mobile Android versi 4.4 Kitkat, kini telah muncul versi terbaru dari sistem operasi tersebut. Benar, Google akan segera merilis versi terbaru dari sistem operasi mobile Android sebagai penerus dari Android 4.4 Kitkat. Sistem operasi mobile Android kini telah menaiki kembali tangga versi berikutnya ke versi 4.5 dengan beberapa nama yang beredar yaitu Lemon Meringue Pie, Licorice, Lollipop dan Moonshine. Namun dari sekian banyak artikel di dunia maya, perkiraan penggunaan nama Lollipop lebih menguat. Sepertinya Google belum mau meninggalkan cara penamaan versi di sistem operasi mobile dengan ikon berupa robot hijau ini dengan nama-nama hidangan penutup.

Dari screenshoot yang diperoleh, Android 4.5 Lollipop ini tampil dengan antarmuka (user interface) yang benar-benar baru. Antarmuka sistem operasi Android ini tampil dengan desain flat (datar) layaknya sistem operasi Windows 8 dengan kombinasi warna yang cerah, sangat berbeda dengan versi-versi Android sebelumnya. Ikon-ikon utama seperti Pesan, Youtube dan Gmail menjadi lebih datar dan sederhana layaknya ikon-ikon versi web, demikian pula dengan ikon Calendar, Galeri, Google Maps dan Play Store. Sebagaimana versi terbaru yang akan mengusung fitur baru atau minimal perbaikan pada fitur yang sudah ada sebelumnya, fitur atau keunggulan pada Android 4.5 Lolipop ini belum bisa diketahui secara jelas.

Diperkirakan sistem operasi Android Lollipop ini akan terkoneksi erat dengan sistem operasi jam tangan pintar Android Wear yang telah diperkenal oleh Google sebelumnya. Disinyalir, raksasa internet Google akan mengumumkan kehadiran sistem operasi Android 4.5 secara resmi dalam Google I/O 2014 di Moscone Center, San Francisco pada 25 Juni 2014 mendatang. Apabila Anda sudah pernah mencicipi Kitkat dan ingin merasakan Lollipop, Anda perlu menunggu dengan sabar kehadirannya.

Baca artikel terkait lainnya: