Sebuah perangkat komputer dalam jaringan hendaknya mempunyai nama yang berbeda (unique name). Nama berbeda ini akan digunakan oleh komputer lain dan jaringan untuk mengetahui dimana dapat menemukan komputer tersebut serta file-file yang tersimpan di dalamnya. Nama komputer merupakan identitas dari komputer di dalam jaringan. Ketika Anda membeli sebuah komputer yang sudah terpasang sistem operasi, misalnya Windows 7, Anda mungkin kurang menyukai nama komputer bawaan (default computer name). Nama komputer bawaan cenderung kurang memiliki arti, susah diingat atau justru mudah ditebak.

Mungkin sebagaian besar dari Anda tidak mengetahui bahwa nama komputer sebenarnya dapat dirubah. Anda dapat mengganti nama komputer bawaan dengan nama komputer yang bisa lebih menjelaskan (descriptive computer name). Anda mungkin berkeinginan untuk memberi nama komputer sesuai dengan kepemilikan atau sesuai dengan lokasinya. Nama-nama komputer seperti ini akan lebih mudah diidentifikasi di dalam jaringan, mudah diingat dan tidak membingungkan. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk merubah nama komputer di sistem operasi Windows 7.

Klik tombol Start, klik kanan tombol Computer untuk menampilkan menu shortcut (menu pintas) dan kemudian pilih Properties.

Merubah nama komputer di sistem operasi Windows

Dari jendela yang muncul, cari bagian berlabel Computer name, domain, and workgroup settings dan kemudia klik tautan Change settings.

Merubah nama komputer di sistem operasi Windows

Dari kotak dialog System Properties yang muncul, pastikan Anda berada di tab Computer Name dan kemudian klik tombol Change...

Merubah nama komputer di sistem operasi Windows

Dari kotak dialog Computer Name/Domain Changes, ketikkan nama komputer baru yang Anda inginkan di kotak teks berlabel Computer name dan kemudian tekan OK untuk mengakhiri. Apabila diminta untuk me-restart komputer, restart komputer Anda agar proses perubahan diberlakukan.

Merubah nama komputer di sistem operasi Windows