Secara standar, Control Panel di Microsoft Windows 7 ditampilkan sebagai sebuah tombol (button) di menu Start. Ketika tombol Control Panel ini diklik, Windows 7 akan menampilkan jendela (window) Control Panel yang berisi berbagai item konfigurasi yang dapat dipilih. Terkadang item konfigurasi yang pilih juga menampilkan beberapa item konfigurasi lain yang lebih spesifik. Dengan pengaturan bawaan seperti ini, untuk sampai ke item konfigurasi yang lebih spesifik diperlukan beberapa langkah.

Apabila diinginkan, Anda bisa lebih cepat dan mudah dalam mengakses item konfigurasi yang spesifik tersebut dengan merubah tombol Control Panel menjadi submenu Control Panel di menu Start Windows 7. Apabila Anda meletakkan kursor (cursor) di Submenu Control Panel, maka berbagai item konfigurasi spesifik akan direntangkan (expanded) untuk bisa langsung dipilih. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk merubah tombol Control Panel menjadi submenu Control Panel di Microsoft Windows 7:

Klik kanan di area kosong dari taskbar dan kemudian pilih Properties.

Merubah Control Panel sebagai submenu di menu Start Windows 7

Dari kotak dialog Taskbar and Start Menu Properties yang muncul, klik tombol Customize... yang ada di tab Start Menu.

Merubah Control Panel sebagai submenu di menu Start Windows 7

Dari kotak dialog Customize Start Menu yang muncul, cari Control Panel, kemudian klik tombol radio (radio button) berlabel Display as menu dan akhiri dengan menekan tombol OK. Apabila kotak dialog sebelumnya masih terbuka, klik tombol Apply dan kemudian OK.

Merubah Control Panel sebagai submenu di menu Start Windows 7

Untuk melihat perubahan, klik menu Start dan arahkan kursor ke Control Panel yang sekarang telah berubah menjadi submenu. Berbagai item konfigurasi akan ditampilkan merentang vertikal untuk dipilih langsung.

Merubah Control Panel sebagai submenu di menu Start Windows 7