Banner Sistem Operasi

Mengenal DirectX Di Sistem Operasi Microsoft Windows

Apakah Anda termasuk salah seorang yang suka bermain game dan pernah menginstal salah satu game kesukaan di komputer atau laptop yang berjalan dengan sistem operasi Microsoft? Apabila pernah, Anda mungkin mendapati saat proses instalasi sedang berlangsung, kemudian muncul pesan atau jendela yang meminta untuk menginstal DirectX. Penulis pernah mengalami hal ini ketika menginstal game Euro Truck Simulator 2 di sistem operasi Microsoft Windows 7 32 Bit. Lalu, apa sih sebenarnya DirectX atau yang lengkapnya adalah Microsoft DirectX tersebut?

Microsoft DirectX sebenarnya adalah sekumpulan API (Application Programming Interface) untuk menangani tugas-tugas yang terkait dengan multimedia, khususnya game programming dan video di platform Microsoft Windows. DirectX bertugas menjembatani antara hardware dan platform pengembangan dan membantu pengembang (developer) mengakses kapabilitas dari display card dan sound card melalui API. DirectX membolehkan program dengan mudah menentukan kapabilitas hardware dari komputer dan mengatur parameter program agar sesuai sehingga program multimedia dapat mengambil kapabilitas maksimal dari hardware tersebut.

Microsoft DirectX

Nama-nama API dari DirectX dimulai dengat kata Direct, seperti Direct3D, DirectDraw dan DirectSound dan sebagainya. Nama DirectX sendiri dibuat sebagai istilah singkatan dari semua API (dimana X mengacu pada API tertentu) yang kemudian berubah menjadi nama koleksi. Ketika Microsoft mengembangkan kosol game, X dipakai sebagai dasar dari nama Xbox yang menunjuk pada pemakaian teknologi DirectX. DirectX disertakan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari sistem operasi Microsoft Windows sehingga tidak dapat dihilangkan (removed). Anda dapat memperbarui (update) DirectX ke versi terkini (latest version) melalui Windows Update atau mengunduh (download) dan memberlakukan update package.

Versi pertama DirectX adalah DirectX 1.0 dan versi terkini dari DirectX adalah DirextX 12. DirectX belum disertakan di sistem operasi Microsoft Windows 95, namum di sistem operasi Microsoft Windows 95 OSR2 (OEM Service Release 2), DirectX 2.0 sudah disertakan. DirectX kemudian disertakan (included) di setiap versi dari sistem operasi Microsoft Windows berikutnya. Saat ini Microsoft berupaya untuk mendorong penggunaan komponen DirectX seperti Direct3D, DXGI, Direct2D, DirectWriter, DirectCompute, DirectSound3D, DirectX Media, DirectX Diagnostics (DxDiag), DirectX Media Objects dan DirectSetup. Microsoft juga telah meninggalkan, tetapi masih tetap mendukung, komponen DirectX seperti DirectDraw, DirectInput, DirectPlay, DirectSound dan DirectMusic.

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.