Kartu grafis (graphic card) Komputer mengontrol semua tugas-tugas terkait dengan pemrosesan grafis dan video seperti 3D rendering, game dan video definisi tinggi. Kartu grafis yang bagus tentunya dapat menangani pemrosesan grafis dan video dengan baik pula. PC (personal Computer) atau komputer desktop dapat memiliki kartu grafis terintegrasi (integrated graphic card) atau yang berdiri sendiri (dedicated graphic card). Kartu grafis terintegrasi dapat pula terintegrasi ke motherboard atau ke CPU (Central Processing Unit). Laptop biasanya hanya memiliki kartu grafis terintegrasi dan tidak ada ruang untuk kartu grafis yang berdiri sendiri.

Bagi Anda yang suka bermain game atau menonton film di komputer, mengetahui kartu grafis yang terpasang di sistem komputer sangat diperlukan. Anda dapat mengetahui apakah kartu grafis masih bekerja dengan baik atau mulai muncul masalah. Informasi kartu grafis juga dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dengan kartu grafis dari vendor lain. Informasi kartu grafis yang lebih spesifik dapat digunakan untuk memastikan driver yang tepat ketika Anda menginstal ulang sistem operasi. Berikut ini adalah cara untuk mengetahu informasi kartu grafis yang terpasang di komputer dengan sistem operasi Windows.

Klik ikon Windows yang terletak di sudut kiri bawah layar komputer Anda.

Mengetahui kartu grafis (graphic card) yang terpasang di komputer

Ketikkan "Dxdiag" di kotak pencarian berlabel Search programs and files dan kemudian tekan tombol keyboard Enter untuk menjalankan DirectX Diagnostic Tool.

Mengetahui kartu grafis (graphic card) yang terpasang di komputer

Di kotak dialog DirectX Diagnostic Tool yang muncul, klik tab Display untuk mengetahui informasi lengkap tentang kartu grafis yang terpasang di komputer.

Mengetahui kartu grafis (graphic card) yang terpasang di komputer