Banner Sistem Operasi

Cara Menonaktifkan (Disable) Firewall Di Windows 7

Firewall merupakan satu dari perkakas keamanan bawaan (built-in) paling penting yang ada di sistem operasi Microsoft Windows dimulai dari Windows XP SP2. Firewall sendiri adalah perangkat lunak pengaman jaringan yang bertugas untuk memeriksa lalu-lintas informasi yang masuk ke komputer berdasarkan sekumpulan aturan yang diterapkan. Firewall bekerja dengan memeriksa setiap informasi yang masuk dari jaringan atau internet dan selanjutnya akan memblokir atau memberikan akses ke informasi tersebut untuk masuk ke komputer. Pemblokiran dan pemberian akses akan tergantung juga pada pengaturan firewall di komputer yang digunakan.

Menonaktifkan (disable) firewall di Windows

Firewall tidak sama dengan aplikasi antivirus atau aplikasi antimalware. Firewall membantu memproteksi terhadap worm dan hacker, sedangkan aplikasi antivirus membantu memproteksi terhadap virus dan antimalware membantu memproteksi terhadap malware. Apabila Anda mengharapkan komputer selalu dalam keadaan aman, dibutuhkan ketiganya yaitu firewall, antivirus dan antimalware. Apabila Anda terpaksa harus menonaktifkan (disable) firewall karena sesuatu hal, pastikan terlebih dahulu bahwa koneksi ke jaringan atau internet telah diputus.

Sistem operasi Windows sendiri mempunyai firewall bawaan yang memberikan keamanan dengan membatasi atau mencegah akses dari jaringan atau internet ke komputer. Namun demikian, firewall bawaan Windows ini terkadang menimbulkan konflik dengan firewall bawaan hardware lain seperti Linksys. Dalam kasus seperti ini, Anda perlu menonaktifkan firewall bawaan Windows. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menonaktifkan firewall di Windows 7:

Klik tombol windows yang ada di pojok kiri bawah dan dibagian Search programs and Files ketikkan "windows firewall".

Menonaktifkan (disable) firewall di Windows

Di bagian atas daftar pencarian yang muncul, pilih dan klik Windows Firewall (di kelompok Control Panel).

Menonaktifkan (disable) firewall di Windows

Ketika jendela Windows Firewall muncul, pilih dan klik tautan Turn Windows Firewall on or off.

Menonaktifkan (disable) firewall di Windows

Untuk menonaktifkan Windows Firewall dari semua tipe jaringan (private dan public), klik semua tombol radio berlabel Turn off Windows Firewall (not recommended) dan akhiri dengan mengklik tombol OK.

Menonaktifkan (disable) firewall di Windows

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.