Banner Sistem Operasi

Membersihkan File-File Sampah Komputer Dengan Disk Cleanup

Saat menggunakan komputer, Anda mungkin tidak akan terlepas dari kegiatan membuat atau menghapus file, berinternet dan mungkin juga, walaupun jarang, memasang atau mencopot program aplikasi. Semua kegiatan tersebut tanpa Anda sadari akan menghasilkan file-file sampah yang sudah tidak diperlukan seperti temporary files, temporary internet files dan juga berbagai macam file sistem yang tidak diperlukan lagi. Membersihkan file-file sampah akan membebaskan ruang penyimpanan (hard disk) dari file-file sampah tersebut dan akhirnya kerja komputer menjadi lebih cepat.

Sistem operasi Microsoft Windows, mulai dari Windows 98, telah menyediakan perkakas bawaan (built-in tool) yaitu Disk Cleanup yang digunakan untuk membersihkan file-file sampah. Dengan Disk Cleanup, Anda dapat menghapus file-file yang sudah tidak diperlukan dengan aman termasuk juga mengosongkan file-file sampah yang ada di Recycle Bin (baca artikel Menghapus File Atau Folder Tanpa Menyimpannya Di Recycle Bin). Berikut ini adalah cara menghapus file-file sampah menggunakan Disk Cleanup di sistem operasi Windows 7:

Klik tombol Windows yang terletak di sudut kiri bawah layar komputer Anda.

Ketikkan "disk" di kotak Search programs and files untuk menampilkan daftar program yang terkait dengan disk. Dari daftar program yang muncul pilih dan klik Disk Celanup.

Dari kotak dialog Disk Cleanup : Drive Selection yang muncul, pilih drive yang akan dibersihkan dan kemudian tekan tombol OK (dalam contoh ini drive C: dipilih).

Kotak dialog Disk Cleanup for (C:) muncul. Beri tanda centang di semua kotak centang dan kemudian tekan tombol OK untuk membersihkan drive C dari file-file sampah. Apabila Anda juga ingin membersihkan drive C dari file-file sistem yang tidak diperlukan, klik tombol Clean up system files.

Kotak dialog Disk Cleanup : Drive Selection muncul kembali. Pilih drive yang sama untuk menghapus file sistem yang tidak diperlukan.

Kotak dialog Disk Cleanup for (C:) muncul kembali. Beri tanda centang di semua kotak centang dan Kemudian klik tombol OK untuk mulai membesihkan semua file-file sampah. File-file sampah yang dibersihkan dapat berbeda tergantung seberapa sering Anda melakukan kegiatan membuat atau menghapus file, berinternet dan juga memasang atau mencopot program aplikasi. Semakin sering Anda melakukan kegiatan ini, akan semakin besar pula ruang penyimpanan yang dapat dibebaskan dari file-file sampah ini.

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.