Di versi sistem operasi Microsoft Windows sebelumnya, pintasan aplikasi diwakili oleh ikon-ikon (icons) yaitu obyek grafis kecil sederhana yang tidak memiliki konten dinamis dan ekspresif. Di versi sistem operasi Microssoft windows berikutnya (Windows 8, 8.1 atau 10), microsoft mengadopsi antar muka (interface) yang telah digunakan di sistem operasi Windows Phone. Ketika Anda menjalankan sistem operasi Microsoft Windows versi ini, akan didapati blok-blok datar berwarna-warni. Blok-blok inilah yang sering disebut dengan live tiles (ubin hidup) yaitu aplikasi-aplikasi interaktif yang menggunakan koneksi internet untuk menampilkan update langsung.

Tampilan live tiles di Microsoft Windows

Start Screen di Microsoft Windows 8, 8.1 atau 10 akan menampilkan live tiles yang merupakan representasi dari berbagai aplikasi dengan design modern UI (aka Metro) seperti Weather (cuaca), News (berita), Finance (keuangan), Sports (olah raga) dan lain sebagainya. Live tiles dapat memberikan update singkat dan sesegera mungkin tentang informasi terkait yang ada di aplikasi-aplikasi tersebut. Anda tidak perlu menjalankan aplikasi apapun atau mengunjungi website tertentu untuk mendapatkan informasi yang disediakan.

Mengklik sebuah live tile akan menjalankan sebuah aplikasi yang diwakili oleh live tile tersebut. Live tiles ini juga dapat dikonfigurasi dengan berbagai cara di Start Screen. Anda dapat menambahkan atau menghapus live tiles, memindahkannya ke posisi baru, membuat dan memodifikasi kelompok tile dan lain sebagainya. Meskipun live tiles merupakan fitur bagus dan menarik di sistem operasi Microsoft Windows 8, 8.1 dan 10, namun itu semua tetap memerlukan adanya koneksi ke internet untuk bisa menampilkan informasi atau notifikasi yang update. Ini berarti bahwa live tiles memerlukan bandwidth internet, dimana adalah hal yang layak diperhitungkan bagi mereka yang mengandalkan koneksi modem atau HP dengan bandwidth terbatas.