Banner Sistem Operasi

Menonaktifkan Fitur Live Tiles Di Microsoft Windows

Live tiles adalah fitur baru yang ada di sistem operasi Microsoft Windows, dimulai dari Windows 8. Sebenarnya fitur ini sudah terlebih dahulu digunakan di sistem operasi mobile Microsoft Windows Phone yang kemudian diadopsi di Microsoft Windows untuk desktop. Live tiles merupakan representasi dari berbagai aplikasi dengan design modern UI (aka Metro) seperti Weather, News, Finance, Sports dan lain sebagainya. Live tiles dapat memberikan update singkat dan segera tentang informasi terkait yang ada di aplikasi-aplikasi tersebut.

Anda tidak perlu menjalankan aplikasi terkait atau mengunjungi website tertentu untuk mendapatkan informasi yang disediakan. Untuk mendapatkan update singkat dan segera tentang informasi tertentu, diperlukan koneksi ke internet. Live tiles tentu saja akan menggunakan bandwidth internet Anda. Apabila bandwidth internet terbatas, Anda perlu mempertimbangkan apakah akan tetap mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini. Apabila Anda mempertimbangkan untuk tidak mengaktifkan, berikut ini langkah-langkah untuk menonktifkannya di sistem operasi Microsoft Windows 8.1:

1.  Menonaktifkan fitur live tile yang aktif satu persatu.

Untuk menonaktifkan fitur live tile satu persatu, cukup klik tombol Windows yang ada di pojok kiri bawah. Dari tampilan live tiles yang muncul, klik kanan salah satu tile yang aktif untuk menampilkan daftar perintah pintas dan kemudian pilih (klik) Turn live tile off.

Menonaktifkan fitur live tiles di Windows

2.  Menonaktifkan keseluruhan fitur live tiles yang aktif.

Klik tombol Windows yang ada di pojok kiri bawah dan kemudian klik tombol Search yang ada di pojok kanan atas. Dari kotak pencarian (search box) yang muncul, ketikkan gpedit.msc dan kemudian tekan tombol Search yang ada disebelah kanan kotak tersebut.

Menonaktifkan fitur live tiles di Windows

Dari jendela Local Group Police Editor yang muncul, arahkan ke User Configuration > Administrative Templates > Start Menu and Taskbar > Notification. Di daftar pengaturan sebelah kanan, klik ganda Turn off tile notifications untuk membuka kotak dialog Turn off tile notifications.

Menonaktifkan fitur live tiles di Windows

Di kotak dialog Turn off tile notifications yang muncul, klik tombol radio (radio button) berlabel Enabled, kemudian klik tombol Apply dan selanjutnya tombol OK. Tutup kembali jendela Local Group Police Editor yang sebelumnya masih ada. Di sini Anda telah menonaktifkan semua tiles yang aktif. Jika Anda melihat tiles yang masih memberikan update singkat tentang informasi terkait, ini dikarenakan aplikasi-aplikasi (tiles) tersebut menggunakan update yang disimpan di cache.

Menonaktifkan fitur live tiles di Windows

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.