Pin It

Ekstensi suatu file di sistem operasi Microsoft Windows adalah sekumpulan karakter yang digunakan untuk membantu mengenali tipe atau jenis informasi yang terdapat di dalam file dan juga menentukan program apa yang digunakan untuk membukanya. Ekstensi file berada di akhir nama file mengikuti tanda titik (.), misalnya .png, .jpg, .exe, .jpeg, .txt dan lain sebagainya. Secara standar, sistem operasi Microsoft Windows tidak menampilkan ekstensi file dan hanya menampilkan nama filenya saja.

Ekstensi suatu file seharusnya tidak perlu dirubah. Merubah ekstensi file secara sebarangan dapat membingungkan sistem operasi ketika mencoba membukanya. Program-program untuk membuka kemungkinan menjadi tidak cocok dengan konten file sehingga tidak dapat dibuka atau diedit. Namun demikian, merubah ekstensi file terkadang sangat membantu seperti merubah file text (.txt) ke file HTML (.html) agar dapat dibuka di peramban (browser) atau merubah dokumen Microsoft Word (.docx) ke file zip (.zip). Apabila Anda yakin ingin merubah ekstensi file, berikut ini adalah langkah-langkahnya di sistem operasi Microsoft Windows 8.1:

Jalankan File Explorer dan arahkan ke file yang akan dirubah ekstensinya (di contoh ini file Bahasa Pemrograman Java.docx). PastikanĀ ekstensi file tersebut telah ditampilkan, klik kanan untuk menampilkan daftar menu pintas (shortcut menus) dan kemudian pilih Rename.

Merubah ekstensi file (file extension) di Windows

Hapus ekstensi file sebelumnya (ekstensi .docx) dan ganti dengan ekstensi yang baru, misalnya ekstensi .zip.

Merubah ekstensi file (file extension) di Windows

Merubah ekstensi file akan menampilkan kotak dialog Rename, klik tombol Yes untuk mengkonfirmasi perubahan.

Merubah ekstensi file (file extension) di Windows

Sekarang ekstensi file Bahasa Pemrograman Java telah dirubah dari .docx ke .zip.

Merubah ekstensi file (file extension) di Windows

Baca artikel terkait lainnya: