Pin It

Secara standar, ketika mencari apapun menggunakan kotak pencarian (search box) di Microsoft Windows terbaru, Anda tidak hanya disajikan dengan hasil pencarian dari hard disk komputer lokal, tetapi juga hasil pencarian secara online oleh Bing yaitu mesin pencari (search engine) dari Microsoft. Microsoft telah memperkenalkan beberapa fitur integrasi ke dalam sistem operasi Microsoft Windows terbarunya (Windows 8.1) yaitu menyertakan juga hasil pencarian online oleh Bing ketika menggunakan kotak pencarian.

Ide dibalik fitur integrasi ini kemungkinan adalah ketika Anda tidak menemukan hasil pencarian di hard disk komputer lokal, mungkin Anda ingin mencarinya secara online. Untuk sebagian orang, ini adalah peningkatan yang baik yang dilakukan oleh Microsoft, namun bagi sebagian lain, mungkin tidak memerlukannya ketika hanya ingin mencari di hard disk komputer lokal. Dan lagi, mencari apapun di kotak pencarian dengan mesin pencari Bing tetap aktif akan mengurangi kuota paket internet secara tidak Anda sadari. Apabila Anda salah satu yang mempunyai masalah seperti ini, berikut ini adalah cara untuk menonaktifkan pencarian online oleh Bing di Microsoft Windows 8.1:

Tekan tombol WINDOWS + C untuk menampilkan charm bar dan kemudian klik tombol Settings.

Menonaktifkan pencarian online Bing di Microsoft Windows

Di bagian kanan bawah layar komputer, klik tombol Change PC setting.

Menonaktifkan pencarian online Bing di Microsoft Windows

Dari halaman PC settings yang muncul, pastikan Anda berada di tab Search and apps.

Menonaktifkan pencarian online Bing di Microsoft Windows

Dari halaman Search and apps yang muncul, pastikan Anda memilih tab Search dan di area sebelah kanan, di bagian Use Bing to searc online, geser slider dari kondisi On menjadi Off untuk menonaktifkan mesin pencari Bing.

Menonaktifkan pencarian online Bing di Microsoft Windows