Mulai dari versi Microsoft Windows 8 ke atas, pengguna sistem operasi dapat mengunduh berbagai aplikasi dari Windows Store. Windows Store sendiri adalah toko aplikasi untuk Microsoft Windows. Semua aplikasi yang ada di windows Store telah tersertifikasi untuk dapat berjalan di Windows. Aplikasi-aplikasi tersebut ada yang gratis (free) dan ada juga yang berbayar (paid). Pembuat aplikasi Windows Store terkadang melakukan update pada aplikasinya untuk menambahkan fitur-fitur baru atau memperbaiki masalah yang muncul.

Aplikasi yang diunduh (download) dari Windows Store telah diatur untuk bisa melakukan update otomatis. Kapanpun tersedia, Windows Store dapat menginstal update terbarunya. Sebenarnya update otomatis ini dapat menghemat waktu dan mengurangi upaya-upaya manual untuk melakukan update semua aplikasi yang terinstal. Yang perlu menjadi pertimbangan adalah bahwa update otomatis ini pastinya menggerus kuota paket internet secara tidak disadari. Namun demikian, apabila diinginkan, Anda dapat menonaktifkan update otomatis untuk semua aplikasi yang berasal dari Windows Store. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Di Start Screen Windows, klik Store di kelompok Shopping untuk membuka Windows Store, tekan tombol keyboard WINDOWS + C untuk menampilkan charm bar dan kemudian klik tombol Settings.

Menonaktifan update otomatis untuk aplikasi windows

Dari daftar setting yang muncul, klik App updates. Jika Anda diminta untuk masuk (sign in) ke Windows Store, masuk terlebih dahulu dengan akun Microsoft (akun Hotmail atau Outlook.com) dan kemudian ulangi lagi langkah ini.

Menonaktifan update otomatis untuk aplikasi windows

Ketika Anda sudah masuk menggunakan akun Microsoft, halaman App updates ditampilkan. Di Automatically update apps, geser slider ke kiri dari Yes menjadi No untuk menonaktifkan update otomatis aplikasi-aplikasi dari Windows Store.

Menonaktifan update otomatis untuk aplikasi windows