Banner Sistem Operasi

Cara Mendapatkan Skor Windows Experience Index Di Windows 8.1

Windows Experience Index (WEI) adalah salah satu fitur yang terdapat di sistem operasi Windows dimulai dari Windows Vista. WEI adalah pengukuran yang dapat memberitahukan seberapa baik perangkat keras komputer yang Anda gunakan bisa bekerja dengan sistem operasi Windows. Fitur ini didisain untuk membantu Anda memahami dengan lebih baik kemampuan komputer yang digunakan. WEI akan membaca dan menguji beberapa perangkat keras komputer seperti processor, memory, graphics, gaming graphics dan hard disk dan kemudian memberi skor (nilai). Skor-skor dari perangkat keras komputer ini bagi sebagian orang sangat berguna. Dari skor-skor ini, Anda dapat mengetahui perangkat keras mana yang perlu ditingkatkan (upgrade) untuk mendapatkan peforma yang optimal.

Mulai dari Windows 8.1, Microsoft memutuskan untuk menghilangkan tampilan grafis Windows Experience Index sehingga pengguna komputer kesulitan untuk menemukan skor hasil pengujian perangkat keras komputer. Namun demikian, yang pasti, di Microsoft Windows 8.1 masih terdapat Windows System Assessment Tool (WinSAT) yaitu modul utama yang mengukur kinerja dan kemampuan perangkat keras komputer. Untuk mengetahui skor hasil pengujian perangkat keras komputer yang biasa ditampilkan di WEI, diperlukan cara yang berbeda di Windows 8.1. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengetahui skor hasil pengujian perangkat keras komputer di sistem operasi Windows 8.1.

Klik kanan tombol Windows yang ada di sudut kiri bawah untuk menampilkan daftar menu dan kemudian klik Command Prompt (Admin) untuk menjalankan Command Prompt sebagai Administrator.

Mendapatkan skor windows experience index di Windows

Apabila kotak dialog User Account Control muncul, klik tombol Yes.

Mendapatkan skor windows experience index di Windows

Di jendela Administrator: Command Prompt yang muncul, ketikkan perintah "winsat formal" dan kemudian tekan tombol keyboard Enter untuk mulai membaca dan menguji beberapa perangkat keras komputer seperti processor, memory, graphics, gaming graphics dan hard disk.

Mendapatkan skor windows experience index di Windows

Tunggu beberapa saat sampai proses pembacaan dan pengujian selesai.

Mendapatkan skor windows experience index di Windows

Untuk melihat skor perangkat keras hasil pengujian perintah "winsat formal" dapat digunakan Windows PowerShell. Anda dapat mencarinya lebih cepat dengan mengetikkan "windows powershell" di kotak pencarian (serach box) Windows 8.1. Apabila telah ditemukan, klik kanan dan kemudian pilih menu Run as administrator.

Mendapatkan skor windows experience index di Windows

Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows x64 (64-bit), Anda akan menemukan dua versi Windows PowerShell yaitu versi 32-bit (Windows PowerShell(x86)) dan versi 64-bit (Windows PowerShell). Anda seharusnya menggunakan Windows PowerShell versi 64-bit karena menggunakan Windows PowerShell(x86) di sistem operasi Windows 64-bit (x64) kemungkinan tidak berhasil. Kedua versi tersebut ada karena untuk tujuan kompatibilitas saja. Di jendela Administrator: Windows PowerShell yang muncul, ketikkan "Get-WmiObject -Class Win32_WinSAT" dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

Mendapatkan skor windows experience index di Windows

 Jendela Administrator: Windows PowerShell langsung menampilkan skor (nilai) hasil pengujian perangkat keras komputer.

Mendapatkan skor windows experience index di Windows

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.