Banner Sistem Operasi

Cara Keluar Dari Safe Mode Di Sistem Operasi Windows 8.1

Safe mode adalah salah satu mode di sistem operasi Windows yang hanya berjalan dengan menggunakan driver dan program yang diperlukan untuk memulai Windows saja. Safe mode penting untuk mendiagnosa driver hardware yang bermasalah, software yang rusak, infeksi virus, Windows yang tidak stabil dan lain sebagainya. Namun sering pula didapati ketika telah selesai, Anda kesulitan untuk kembali ke mode normal. Anda mungkin mencoba merestart komputer kembali tetapi tetap saja masuk ke dalam safe mode. Sebenarnya untuk keluar dari safe mode, Anda perlu menonaktifkan fitur dengan membuat perubahan di sistem konfigurasi. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk keluar dari safe mode Windows 8.1:

Masih dalam safe mode, klik tombol keyboard Windows + R untuk untuk menampilkan kotak dialog Run, ketikkan MSConfig.exe di kotak teks (text box) berlabel Open dan kemudian klik tombol OK.

Keluar dari Safe Mode di sistem operasi Windows

Di kotak dialog System Configuration yang muncul, hilangkan tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Safe boot, klik tombol Apply dan kemudian klik tombol OK.

Keluar dari Safe Mode di sistem operasi Windows

Pastikan Anda mengklik tombol Restart untuk restart ulang dan keluar dari safe mode Windows (kalau sistem komputer memiliki password Administrator, masukkan password terlebih dahulu).

Keluar dari Safe Mode di sistem operasi Windows

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.