Pin It

Secara standar, semua sistem operasi (operating system) Windows besutan raksasa perangkat lunak Microsoft akan melakukan update secara otomatis. Update memang perlu dilakukan karena untuk memperbaiki sistem operasi itu sendiri, misalnya perbaikan celah keamanan, pemaksimalan fungsi fitur-fitur yang ada atau juga peningkatan performa. Update otomatis ini mengakibatkan sistem operasi melakukan download file tertentu yang diberikan oleh Microsoft.

Update otomatis di sisi lain juga cukup mengganggu apabila Anda mempunyai koneksi internet yang lemah. Saat Anda benar-benar memerlukan akses internet secara optimal, koneksi internet menjadi lambat. Terlebih lagi apabila koneksi internet menggunakan modem yang juga tergantung dari paket internet yang digunakan. Merasa baru sebentar browsing di internet, tiba-tiba kuota internet telah habis karena sistem operasi melakukan download (unduh) file update secara diam-diam.

Sebenarnya pengaturan update otomatis dapat dirubah. Anda dapat mengatur sendiri untuk menonaktifkan update secara otomatis. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menonaktifkan update otomatis di sistem operasi Microsoft Windows 7.

Klik tombal Start dan kemudian pilih Control Panel.

Menonaktifkan auto update di windows

Dari jendela yang muncul, klik tombol System and Security.

Menonaktifkan auto update di windows

Dari jendela yang muncul, klik Windows Update.

 Menonaktifkan auto update di windows

Dari jendela yang muncul, klik tautan (link) Change settings yang terletak di sebelah kiri.

 Menonaktifkan auto update di windows

Dari kotak daftar drop-down berlabel Important updates, pilih Never check for updates (not recommended) dan kemudian tekan tombol OK untuk menyimpan perubahan.

Menonaktifkan auto update di windows

Apabila kotak dialog konfirmasi User Account Control muncul, klik tombol Yes.