Banner Sistem Operasi

Menghapus Atau Menonaktifkan Thumbnail Cache Di Windows

Thumbnail adalah representasi gambar kecil dari gambar yang jauh lebih besar agar lebih mudah dan cepat untuk dilihat atau dikelola. Thumbnail bermanfaat untuk menghemat ruang layar dan memungkinkan untuk melihat beberapa gambar sekaligus. Microsoft Windows menyimpan thumbnail cache untuk semua foto, gambar, klip video, film dan konten media lainnya di cache database yaitu thumbs.db untuk windows 7 ke bawah atau thumbcache_xxx.db untuk windows 8 ke atas. Secara standar, cache database ini tersembunyi (hidden) kecuali Anda telah merubah pengaturannya di kotak dialog Folder Opsions.

Ketika Anda membuka folder di Windows Explorer (Windows 7 ke bawah) atau File Explorer (windows 8 ke atas), thumbnail sebagai perwakilan gambar yang sebenarnya akan ditampilkan lebih cepat. Thumbnail sangat membantu dalam memuat folder di Windows Explorer atau File Explorer ketika hard drive komputer lambat.

Namun terkadang Anda juga perlu menghapus thumbnail apabila ini menyangkut privasi, misalnya Anda sudah menghapus gambar yang tidak ingin dilihat orang lain sementara thumbnail-nya masih menyimpan informasi atau blueprint dari gambar yang dihapus. Menghapus thumbnail tidak akan menyebabkan masalah pada windows karena thumbnail akan dibuat kembali jika diperlukan.

Alternatif lainnya adalah dengan menonaktifkan thumbnail cache. Namun pilihan ini akan memperlambat kecepatan pemuatan folder. Anda tidak disarankan melakukan ini apabila didapati hard drive komputer lambat dan terlebih lagi apabila di folder tersebut terdapat banyak sekali gambar atau video. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghapus atau menonaktifkan thumbnail cache di Windows 8.1 Enterprise:

Menghapus thumbnail cache di Windows.

Klik kanan tombol Windows yang terletak di sudut kiri bawah untuk menampilkan daftar menu pintas dan kemudian pilih (klik) Search.

Menghapus atau menonaktifkan thumbnail cache di Windows

Di kotak search (search box) yang muncul ketikkan "disk cleanup" dan kemudian pilih (klik) Disk Cleanup dari hasil daftar pencarian.

Menghapus atau menonaktifkan thumbnail cache di Windows

Untuk menghapus thumbnail cache, di kotak dialog Disk Cleanup for (C:) yang muncul, beri tanda centang (check box) di kotak centang berlabel Thumbnails dan kemudian akhiri dengan mengklik tombol OK.

Menghapus atau menonaktifkan thumbnail cache di Windows

Menonaktifkan thumbnail cache di Windows.

Klik kanan tombol Windows yang terletak di sudut kiri bawah untuk menampilkan daftar menu pintas dan kemudian pilih (klik) Control Panel.

Menghapus atau menonaktifkan thumbnail cache di Windows

Di jendela Control Panel yang muncul, klik tautan Appearance and Personalization.

Menghapus atau menonaktifkan thumbnail cache di Windows

Di jendela Appearance and Personalization yang muncul, klik tautan Folder Options.

Menghapus atau menonaktifkan thumbnail cache di Windows

Di kotak dialog Folder Options yang muncul, beri tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Always show icons, never thumbnails dan kemudian akhiri dengan mengklik tombol Apply dan OK.

Menghapus atau menonaktifkan thumbnail cache di Windows

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.