Pernahkah Anda memperhatikan secara ditail setiap kotak dialog atau jendela Microsoft Windows yang muncul di sistem operasi Microsoft Windows 7? Secara standar, area judul kotak dialog atau jendela Microsoft Windows dan garis tepinya adalah tranparan. Ini menjadikan latar belakang (background) yang tepat berada di bawah area judul kotak dialog atau jendela Microsoft Windows dan garis tepinya akan samar kelihatan. Ini merupakan efek transparansi yang berlaku untuk semua kotak dialog dan jendela Microsoft Windows yang terbuka.

Efek transparansi ini bagi sebagian orang merupakan keindahan dan salah satu fitur yang mengagumkan di Microsoft Windows, namun bagi sebagian yang lain, termasuk saya pribadi, merupakan tampilan yang terkesan tidak profesional. Untungnya, di Microsoft Windows 7 memberikan opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan efek transparan ini, tergantung dari preferensi masing-masing. Apabila Anda salah satunya yang ingin menonaktifkan efek transparansi, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Anda dapat memperhatikan contoh sebuah kotak dialog Windows 7 dimana area judul kotak dialog secara samar menampilkan latar belakang (backgound) yang tepat ada di bawahnya.

Menonaktifkan efek transparansi di Windows

Untuk menonaktifkan efek transparansi, klik kanan di area kosong dekstop untuk menampilkan menu pintas (shortcut menu) dan kemudian pilih Personalize.

Menonaktifkan efek transparansi di Windows

Di jendela Personalization yang muncul, klik tautan (link) berlabel Window Color dengan nilai Sky.

Menonaktifkan efek transparansi di Windows

Di kotak dialog Window Color and Appearance, hilangkan tanda centang yang ada di kotak centak (check box) berlabel Enable transparency dan kemudian klik tombol Save changes.

Menonaktifkan efek transparansi di Windows

Untuk melihat hasil perubahan, buka kembali kotak dialog yang sama. Sekarang dapat diperhatikan bahwa efek transparansi telah berhasil dinonaktifkan.

Menonaktifkan efek transparansi di Windows