Pin It

Di standar instalasi Windows 8.1, ketika tombol Start yang ada di sudut kiri bawah diklik, Anda akan dibawa ke Start screen Windows. Di Start screen ini terdapat live tiles (ubin hidup) yaitu aplikasi-aplikasi interaktif yang menggunakan koneksi internet untuk menampilkan update langsung. Di bawah live tiles ini, terdapat tombol anak panah ke bawah dalam lingkaran. Apabila tombol ini diklik, Anda akan dibawa ke daftar aplikasi-aplikasi (apps view) yang ada di komputer.

Dapat dikatakan, untuk menuju ke aplikasi yang diinginkan, diperlukan beberapa langkah sebelum sampai ke aplikasi yang dituju. Tentunya ini adalah proses yang agak lebih panjang dan kurang optimal. Jarang sekali pengguna Windows berada di Start screen untuk memanfaatkan keberadaan live tiles. Kebanyakan pengguna akan melanjutkan untuk sampai ke daftar aplikasi dan menjalankan aplikasi yang diinginkan. Apabila Anda salah satunya, Anda dapat merubah pengaturan agar langsung menampilkan daftar aplikasi ketika tombol Start diklik. Berikut ini adalah langkah-langkahnya di sistem operasi Windows 8.1 Enterprise Edition:

Menampilkan langsung daftar aplikasi menggunakan tombol Start

Klik kanan di area kosong dari taskbar untuk menampilkan menu pintas dan kemudian dari daftar yang muncul, pilih Properties.

Menampilkan langsung daftar aplikasi menggunakan tombol Start

Di kotak dialog Tasbar and Navigation properties yang muncul, pastikan Anda berada di tab Navigation. Beri tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Show the Apps view automatically when I go to Start dan kemudian klik tombol Apply dan OK untuk mengakhiri.

Menampilkan langsung daftar aplikasi menggunakan tombol Start