Banner Sistem Operasi

Mengatur Agar Laptop Tetap Menyala Ketika Ditutup

Untuk Anda yang sudah terbiasa bekerja menggunakan laptop bersistem operasi Microsoft Windows, tentunya tahu apa yang terjadi ketika laptop ditutup. Secara standar, semua laptop yang ditutup akan masuk ke mode tidur (sleep mode). Apabila laptop diproteksi dengan kata sandi (password), Anda perlu menekan tombol power terlebih dahulu dan memasukkan kata sandinya untuk bisa menggunakan laptop kembali.

Pengaturan ke mode tidur ketika laptop ditutup adalah yang terbaik menurut penulis. Dengan mode tidur, daya baterai dapat dihemat. Dengan mode tidur, Anda perlu menekan tombol power dan selanjutnya memasukkan password untuk bisa menggunakan laptop kembali. Ini tentunya akan lebih aman ketika Anda menutup laptop dan meninggalkannya dalam waktu yang lama. Dengan mode tidur, sistem operasi Microsoft Windows akan menyimpan pekerjaan Anda secara otomatis sebelum daya baterai melemah dan pada akhirnya mati. Dengan mode tidur, pekerjan nantinya akan tetap dimulai di saat terakhir Anda meninggalkannya.

Namun tidak selamanya Anda akan berada pada pengaturan mode tidur. Pada situasi tertentu, misalnya sedang mengunduh (download) file berkapasitas besar seperti software, film atau game, Anda perlu menjaga agar laptop tetap dalam kondisi menyala agar proses mengunduh tidak putus. Sebenarnya, Microsoft Windows memiliki beberapa mode lain yang dapat dipilih ketika laptop ditutup. Salah satunya adalah Anda dapat menutup laptop dengan laptop tetap dalam keadaan menyala. Apabila pengaturan seperti ini yang Anda inginkan, berikut adalah langkah-langkahnya di sistem operasi Microsoft Windows 8.1:

Klik kanan tombol berlogo Windows yang terletak di sudut kiri bawah untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih Run.

Mengatur agar laptop tetap menyala ketika ditutup

Di kotak dialog Run yang muncul, ketikkan "powercfg.cpl" dan kemudian klik tombol OK.

Mengatur agar laptop tetap menyala ketika ditutup

Di jendela Power Options yang muncul, klik tautan berlabel Choose what closing the lid does.

Mengatur agar laptop tetap menyala ketika ditutup

Di kotak dialog System Setting yang muncul, di baris When I close the lid, klik kotak drop-down dan kemudian pilih Do nothing untuk kolom On battery dan Plugged in. Klik tombol Save changes untuk menyimpan perubahan.

Mengatur agar laptop tetap menyala ketika ditutup

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.