Banner Sistem Operasi

Cara Mengaktifkan Atau Menonaktifkan Fitur Windows

Ketika Anda menggunakan Microsoft Windows, Anda akan mendapati beberapa fitur telah disertakan di dalamnya seperti Internet Information Services (IIS), Microsoft Internet Explorer, Microsoft NET Framework, Windows Search dan sebagainya. Secara standar, sebagian fitur telah diaktifkan dan sebagian yang lain belum. Anda dapat menonaktifkan fitur yang aktif apabila tidak diperlukan dan juga mengaktifkan fitur yang belum aktif apabila diperlukan.

Setiap versi sistem operasi Windows memiliki fitur yang sedikit agak berbeda. Windows Vista dan 7 memiliki fitur yang hampir mirip sedangkan windows 8, yang merupakan sistem operasi baru, memiliki cakupan pilihan fitur yang berbeda. Di versi sistem operasi Windows terdahulu, Anda harus mencopot (uninstall) program atau fitur komputer untuk menonaktifkannya. Di versi sistem operasi Windows sekarang ini, fitur akan tetap tersimpan di hardisk komputer. Menonaktifkan fitur tidak akan mencopok (uninstall) fitur tersebut sehingga jumlah ruang hardisk juga tidak berkurang.

Menurut pendapat penulis, fitur Windows yang dimaksud di atas masih tergolong membutuhkan ruang penyimpanan kecil. Dengan pola mengaktifkan atau menonaktifkan dengan tidak mencopok (uninstall) fitur dapat memberikan kemudahan kepada pengguna Windows. Anda tidak perlu mencari, mengunduh dan kemudian memasang (install) fitur yang akan digunakan atau mencopotnya (uninstall) sehingga lebih menghemat waktu. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur di sistem operasi Windows 8.1 Enterprise Edition:

Klik kanan tombol Windows yang terletak di sudut kiri bawah untuk menampilkan daftar menu pintas dan kemudian pilih Control Panel.

Mengaktifkan atau menonaktifkan fitur di Windows

Di jendela Control Panel yang muncul, di kelompok Programs, klik tautan Uninstall a program.

Mengaktifkan atau menonaktifkan fitur di Windows

Di jendela Programs and Features yang muncul, klik tautan Turn Windows features on or off yang ada di sebelah kiri.

Mengaktifkan atau menonaktifkan fitur di Windows

Tunggu beberapa saat sampai kotak dialog Windows Features muncul. Apabila Anda ingin mengaktifkan fitur tertentu, beri tanda centang pada fitur tersebut, apabila ingin menonaktifkan fitur tertentu, hilangkan tanda centang pada fitur tersebut dan kemudian akhiri dengan menekan tombol OK.

Mengaktifkan atau menonaktifkan fitur di Windows

Baca artikel terkait lainnya

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.