Banner Sistem Operasi

Cara Mengetahui Lisensi OS Windows 7

Setiap Anda menginstal perangkat lunak (software) apapun ke sebuah komputer, hal pertama kali yang harus disetujui adalah lisensi dari perangkat lunak itu sendiri. Apabila lisensi yang disertakan di awal instalasi tidak disetujui, instalasi perangkat lunak tidak akan dapat dilanjutkan. Lisensi berisi syarat dan ketentuan yang harus disepakati apabila ingin menggunakan perangkat lunak tersebut di komputer atau laptop.

Microsoft merupakan salah satu pengembang dan juga penghasil produk perangkat lunak (baik aplikasi perkantoran maupun bahasa pemrograman) yang dominan di antara yang lain. Umumnya, produk-produk perangkat lunak microsoft bersifat komersi (berbayar). Beberapa produk perangkat lunak yang free (gratis) merupakan produk paket, artinya perangkat lunak gratis ini disertakan menjadi satu paket dengan produk lain yang sifatnya komersil, beberapa bersifat trial yang dapat dinikmati untuk jangka waktu tertentu dan beberapa yang lain free dengan penggunaan dan fitur yang terbatas.

Microsoft Windows adalah perangkat lunak sistem operasi buatan Microsoft. Sistem operasi ini sangat dominan dibandingkan sistem operasi lain, baik yang bersifat komersil maupun yang gratis. Untuk menggunakan sistem operasi ini, ada beberapa pilihan versi yang ditawarkan tergantung kebutuhan dan harus membelinya untuk mendapatkan product key (ID) yang akan digunakan saat instalasi. Microsoft menyediakan ID berbeda untuk setiap komputer yang menggunakan sistem operasinya. ID ini digunakan untuk menentukan apakah sistem operasi yang digunakan asli atau tidak. Sebenarnya ada cara mudah untuk mengetahui lisensi sistem operasi buatan Microsoft ini, salah satunya melalui jendela Command Prompt. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengetahui lisensi sistem operasi Windows 7 yang digunakan:

Klik tombol Start. Di bagian kotak teks berlabel Search programs and files, ketikkan cmd dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

Cara mengetahui lisensi Windows

Di jendela Command Prompt yang muncul, ketikkan perintah slmgr. slmgr adalah perintah untuk menampilkan lisensi perangkat lunak yang melayani pengelolaan key dan lisensi Windows. Perintah ini memiliki banyak opsi. Beberapa diantaranya yang berkaitan dengan lisensi sistem operasi Microsoft Windows adalah:

  • /dli : menampilkan informasi lisensi saat ini dengan status aktivasi dan sebagian product key.
  • /dlv : kegunaannya sama dengan opsi /dli tetapi dengan informasi tambahan.
  • /xpr : menampilkan tanggal batas akhir penggunaan apabila sistem operasi Microsoft Windows yang digunakan merupakan trial version.

Menggunakan opsi /dli.

Ketikkan perintah slmgr /dli di baris perintah jendela Command Prompt dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

Cara mengetahui lisensi Windows

Jendela baru akan muncul dengan informasi terbatas terkait lisensi dan aktivasi.

Cara mengetahui lisensi Windows

Menggunakan opsi /dlv.

Ketikkan perintah slmgr /dlv di baris perintah jendela Command Prompt dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

Cara mengetahui lisensi Windows

Jendela baru akan muncul dengan informasi lebih lengkap terkait lisensi dan aktivasi.

Cara mengetahui lisensi Windows

Menggunakan opsi /xpr.

Ketikkan perintah slmgr /xpr di baris perintah jendela Command Prompt dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.

Cara mengetahui lisensi Windows

Jendela baru akan muncul. Apabila sistem operasi yang Anda pakai asli, maka akan terpasang secara permanen di komputer, apabila trial version, akan menampilkan tanggal habis masa pakai.

Cara mengetahui lisensi Windows

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.