Banner Sistem Operasi

Cara Menggunakan Tema Gelap (Dark Theme) Di Windows 10 Anniversary Update

Sebagaimana Anda ketahui, warna latar aplikasi-aplikasi sistem di Microsoft Windows didominasi putih. Demikian juga dengan awal rilis sistem operasi terbaru Microsoft Windows 10 yang secara bawaan juga masih menggunakan tema warna yang lama. Sebenarnya, mulai dari rilis Windows 10, sudah terdapat opsi untuk menganti tema lama dengan tema gelap (dark theme). Namun tidak banyak yang mengetahui karena perubahannya hanya dapat dilakukan melalui registry. Sedangkan merubah registry Windows secara tidak hati-hati dapat menyebabkan masalah dan kerusakan yang sangat serius.

Namun demikian, mulai dari Windows 10's Anniversary Update, Anda dapat melakukan penggantian ke mode tema gelap dengan jauh lebih mudah dan tidak beresiko. Nampaknya, Microsoft menawarkan kemudahan ini sebagai bagian dari perubahan yang terdapat di Windows 10's Anniversary Update. Perubahan ini langsung diberlakukan untuk aplikasi pengaturan (Settings application) itu sendiri. Tema gelap ini juga dapat diterapkan di beberapa aplikasi build-in Microsoft Windows seperti Groove Music, Microsoft Edge dan Windows Store.

Pada kenyataannya, semua itu juga tergantung dari masing-masing pengembang (developer) aplikasi untuk mendukung mode tema gelap ini. Tidak semua aplikasi dekstop memberlakukan mode ini. Sebagian besar tidak terpengaruh dan masih tetap menggunakan tema warna lama seperti File Explorer (Microsoft Windows sebenarnya mempunyai tema gelap built-in untuk aplikasi desktop meskipun mungkin tidak ideal). Berikut ini adalah langkah-langkah untuk merubah ke mode tema gelap (dark theme) di Microsoft Windows 10's Anniversary Update:

Untuk mulai menerapkan tema gelap (dark theme) di Microsoft Windows 10's Anniversary Update, klik tombol Start yang terletak di sudut kiri bawah dan kemudian pilih Settings.

Mengaktifkan tema gelap (dark theme) di Windows 10 Anniversary Update

Dari laman Windows Settings yang muncul, klik atau pilih Personalization.

Mengaktifkan tema gelap (dark theme) di Windows 10 Anniversary Update

Dari laman Personalization yang muncul, pastikan Anda berada di tab Color, gulung ke bawah, di bagian Choose your app mode, klik tombol radio (radio button) berlabel Dark. Perubahan akan langsung diberlakukan untuk aplikasi pengaturan (Settings application) itu sendiri.

Mengaktifkan tema gelap (dark theme) di Windows 10 Anniversary Update

Berikut ini adalah screenshot setelah mode tema gelap (dark theme mode) diberlakukan di Microsoft Windows 10's Anniversary Update.

Mengaktifkan tema gelap (dark theme) di Windows 10 Anniversary Update

Baca arikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.