Banner Sistem Operasi

Mengaktifkan Fitur-Fitur Baru Command Prompt Di Microsoft Windows 10

Sistem operasi Microsoft Windows terbaru benar-benar mengalami perubahan yang cukup signifikan dan juga membawa aplikasi-aplikasi built-in Windows baru seperti Groove Music, Windows Store dan Microsoft Edge. Dampak perubahan juga dialami aplikasi-aplikasi built-in lama yang sudah ada di sistem operasi Microsoft Windows sebelumnya seperti Windows Explorer yang kini bernama File Explorer dan juga Command Prompt. Untuk pengguna lama yang secara terus-menerus mengikuti perkembangan sistem operasi Microsoft Windows, akan dapat mengetahui dengan jelas perubahan dan peningkatannya.

Command Prompt adalah salah satu aplikasi built-in Microsoft Windows juga mengalami peerubahan dan peningkatan fitur. Penulis sendiri sering menggunakan aplikasi ini untuk mengkompilasi kode sumber bahasa pemrograman Java (Java source code). Ada banyak fitur baru yang telah ditambahkan di aplikasi Command Prompt di sistem operasi Microsoft Windows 10 seperti antar muka yang transparan, mode layar penuh, seleksi teks dan opsi pengeditan yang mudah, pintasan keyboard tambahan dan lain sebagainya.

Ini adalah peningkatan yang sangat baik setelah sekian lama Command Prompt tidak pernah mengalami perubahan dan peningkatan fitur. Secara bawaan, fitur-fitur baru Command Prompt dinonaktifkan untuk alasan kesesuaian (compatibility reason). Untuk bisa memanfaatkan fitur-fitur baru yang terdapat di Command Prompt, Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur-fitur baru Command Prompt di Microsoft Windows 10:

Jalankan terlebih dahulu Command Prompt dengan mengklik tombol Start > Windows System > Command Prompt.

Mengaktifkan fitur-fitur baru Command Prompt di Microsoft Windows 10

Klik kanan (right-click) di area title bar Command Prompt untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih Properties.

Mengaktifkan fitur-fitur baru Command Prompt di Microsoft Windows 10

Di kotak dialog "Command Prompt" Properties yang muncul, pastikan Anda berada di tab Options. Di area bagian bawah, hilangkan tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Use legacy console (requires relaunch) dan kemudian klik tombol OK. 

Mengaktifkan fitur-fitur baru Command Prompt di Microsoft Windows 10

Untuk melihat perubahan pengaturan diberlakukan, tutup Command Prompt sementara waktu dan kemudian jalankan kembali. Anda akan diperlihatkan salah satu fitur barunya yaitu antar muka yang transparan. Ulangi lagi dengan mengklik kanan (right-click) di area title bar Command Prompt untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih Properties. Di kotak dialog "Command Prompt" Properties yang muncul, pastikan Anda berada di tab Color. Di area bawah di bagian Opacity, geser tombol slider ke kiri untuk melihat efek transparan, apabila sudah cukup, klik tombol OK untuk mengakhiri.

Mengaktifkan fitur-fitur baru Command Prompt di Microsoft Windows 10

Sekarang Anda dapat melihat, antar muka Command Prompt telah memiliki efek transparan.

Mengaktifkan fitur-fitur baru Command Prompt di Microsoft Windows 10

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.