Antar muka grafis Microsoft Windows tidak terlepas dari keberadaan taskbar, yang umumnya berada di bagian bawah dari layar (screen). Taksbar mempunyai tampilan dan disain yang berbeda di setiap versi Microsoft Windows. Taskbar adalah elemen grafis yang mulai diperkenalkan di Microsoft Windows 95. Taskbar berfungsi untuk menampilkan program atau aplikasi yang sedang berjalan serta tautan (link) atau pintasan (shortcut) seperti menu start, area notifikasi, clock, tombol untuk ikon (icons) tersembunyi dan lain sebagainya.

Secara bawaan, taskbar ditampilkan di area bagian bawah dari layar (screen) sepanjang waktu. Sekalipun taskbar merupakan tool yang sangat bermanfaat, namun sebagian pengguna menginginkan taskbar tersembunyi saat tidak diperlukan. Hal ini mungkin dimaksudkan agar ada ruang lebih untuk tampilan dekstop Windows. Apapun alasannya, Anda sebenarnya dapat mengatur agar taskbar dapat tersembunyi secara otomatis. Taskbar akan tersembunyi secara otomatis ketika tidak diperlukan dan akan muncul kembali ketika Anda menggerakkan kursor (cursor) ke area bawah dari layar. Berikut ini adalah langkah-langkah pengaturan agar taskbar dapat tersembunyi secara otomatis di Microsoft Windows 10:

Klik kanan (right click) di area kosong taksbar untuk menampilkan daftar menu perintah dan kemudian pilih Settings.

Menyembunyikan taskbar secara otomatis di Microsoft Windows

Di laman Personalization untuk Taskbar yang muncul, rubah nilai dua toggle swicth berlabel Automatically hide taskbar in dekstop mode dan Automatically hide taskbar in tablet mode dari Off ke On. Tutup kembali laman Personalization dari Taskbar untuk mengakhiri perubahan. Sekarang taskbar akan tersembunyi secara otomatis ketika tidak diperlukan dan akan muncul kembali ketika Anda menggerakkan kursor (cursor) ke area bawah dari layar.

Menyembunyikan taskbar secara otomatis di Microsoft Windows

Baca artikel terkait lainnya: