Sistem operasi Microsoft Windows telah dibekali dengan password masuk (login password) untuk memproteksi semua file sistem dan data yang ada. Password masuk tersebut diatur (setup) pada saat awal instalasi Microsoft Windows. Password masuk ini termasuk ke dalam akun lokal (local account). Di Microsoft Windows 10, Microsoft mengimplementasikan dua jenis akun yaitu akun lokal dan akun Microsoft (Microsoft Account). Anda dapat menggunakan akun yang mana saja untuk masuk ke sistem Windows dan juga dapat mengganti ke salah satunya untuk digunakan sebagai akun masuk ke sistem Windows.

Akun lokal terdiri dari nama pengguna (user name) dan password dan hanya dapat digunakan untuk masuk ke satu komputer Windows. Akun Microsoft terdiri dari alamat email (email address) dan password dan dapat digunakan untuk masuk ke semua layanan Microsoft dan semua perangkat yang menggunakan Microsoft Windows. Ketika Anda menyalakan laptop, layar masuk (login screen) akan muncul dan meminta Anda untuk memasukkan password akun. Password ini adalah satu-satunya cara untuk memproteksi file dan data yang ada di komputer Windows Anda.

Ketika Anda sering kali menggunakan komputer, Anda juga harus sering kali memasukkan password untuk masuk ke sistem Windows. Tentu ini bukan cara yang nyaman namun diperlukan untuk melindungi file sistem dan data Anda. Untuk situasi lain, misalnya komputer hanya Anda gunakan di rumah, Anda dapat menonaktifkan password masuk. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi memasukkan password untuk masuk ke sistem Windows. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menonaktifkan password masuk di Windows 10:

Klik kanan (right click) tombol Windows yang terletak di sudut kiri bawah untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih Run.

Menonaktifkan password masuk (login password) ke Windows 10

Di kotak dialog Run yang muncul, ketikkan netplwiz dan kemudian tekan tombol keyboard Enter atau klik tombol OK.

Menonaktifkan password masuk (login password) ke Windows 10

Di kotak dialog User Account yang muncul, hilangkan tanda centang di kotak centang berlabel Users must enter a user name and password ti use this computer dan kemudian klik tombol Apply.

Menonaktifkan password masuk (login password) ke Windows 10

Memasukkan password yang biasa digunakan untuk masuk ke sistem Windows sebanyak dua kali dan kemudian klik tombol OK. Di kotak dialog User Account yang masih muncul, klik tombol OK untuk mengakhiri.

Menonaktifkan password masuk (login password) ke Windows 10