Banner Sistem Operasi

Merubah Ukuran Penyimpanan Maksimum Recycle Bin Di Windows 10

Merubah ukuran penyimpanan maksimum Recycle Bin di Windows 10Ketika Anda merasa tidak lagi membutuhkan file atau folder, Anda mungkin akan lebih memilih untuk menghapus dari tempatnya saat ini. Secara bawaan (default), apabila Anda belum pernah merubah pengaturannya, semua file atau folder yang dihapus dari hard disk komputer tidak benar-benar terhapus secara permanen tetapi disimpan untuk sementara waktu di Recycle Bin. Sebenarnya, keberadaan Recycle Bin sebagai penyimpanan sementara (temporary storage) cukup penting dan memberikan fungsi keamanan pada file atau folder yang telah dihapus. Ketika Anda berubah pikiran dan ingin menggunakan kembali file atau folder yang terhapus, Anda dapat mengembalikannya dari Recycle Bin ke tempat awalnya.

Jika Anda perhatikan, ikon Recycle Bin akan berubah ketika berisi file atau folder yang dihapus. Recycle Bin akan menyimpan file atau folder yang dihapus sampai ukuran penyimpanan maksimumnya tercapai. Ketika ukuran penyimpanan maksimumnya tercapai, file atau folder lama yang ada di dalamnya akan dihapus secara permanen untuk memberikan ruang pada file atau folder berikutnya yang dihapus. Apabila Anda menginginkan agar file-file di Recycle Bin tetap terjaga dan tidak hilang untuk mengantisipasi sewaktu-waktu diperlukan, Anda dapat merubah ukuran penyimpanan maksimum menjadi lebih besar lagi. Berikut ini adalah cara untuk merubah ukuran penyimpanan maksimum Recycle Bin di Microsoft Windows 10:

Klik kanan (right click) ikon Recycle Bin dan dari daftar menu pintas yang muncul, pilih Properties.

Merubah ukuran penyimpanan maksimum Recycle Bin di Windows 10

Dari kotak dialog Recycle Bin Properties yang muncul, pilih salah satu lokasi Recycle Bin untuk drive (misalnya Local Disk D:). Anda dapat melihat bahwa ukuran penyimpanan maksimum untuk drive D sebesar 14244 MB. Di bagian Settings for selected location, pilih Custom size, kemudian rubah nilai di kotak teks (text box) berlabel Maximum size (MB) sesuai dengan keinginan Anda.

Merubah ukuran penyimpanan maksimum Recycle Bin di Windows 10

Untuk menyimpan perubahan, klik tombol Apply dan kemudian tombol OK. Untuk merubah ukuran penyimpanan maksimum lokasi Recycle Bin untuk drive yang lain, ulangi langkah-langkah di atas.

Merubah ukuran penyimpanan maksimum Recycle Bin di Windows 10

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.