Banner Sistem Operasi

Cara Beralih Dari Akun Microsoft Ke Akun Lokal Di Windows 10

Sebagaimana Windows 8 atau Windows 8.1, Windows 10 juga memberikan dua pilihan akun kepada pengguna untuk digunakan masuk ke Windows. Pengguna Windows 10 dapat memilih untuk menggunakan akun lokal (local account) yang terdiri dari user name dan password atau akun Microsoft (Microsoft account) yang terdiri dari email address dan password. Perbedaan penggunaan kedua akun terletak pada ketersediaan fitur baru Windows 10 dan juga keuntungan lainnya. Ketika Anda masuk ke Windows 10 menggunakan akun lokal, beberapa fitur baru Windows 10 tidak dapat difungsikan.

Penggunaan akun Microsoft untuk masuk ke Windows 10 membawa beberapa keuntungan seperti sinkronisasi pengaturan personal (personal settings) antar PC atau perangkat lain yang menggunakan akun Microsoft yang sama, Mengunduh dan memasang aplikasi dari Windows Store, terhubung ke Windows 10 Digital License untuk mengativasi ulang Windows menggunakan Activation Troubleshooter dan lain sebagainya. Keuntungan-keuntungan ini yang mendasari seseorang menggunakan akun Microsoft untuk masuk ke Windows 10.

Bagi sebagian pengguna Windows lama, penggunaan dua akun berbeda dapat menimbulkan kebingungan. Namun nampaknya Microsoft tahu hal ini dan memberikan kebijakan yang lebih fleksibel bagi pengguna. Anda tetap dapat menggunakan hanya akun lokal saja namun dengan beberapa fitur baru yang tidak dapat difungsikan. Apabila Anda tidak mau terikat dengan akun Microsoft dan sewaktu-waktu ingin menggunakan akun lokal, berikut ini adalah cara untuk beralih dari akun Microsoft ke akun lokal di Windows 10:

Untuk memulai, klik tombol Start Windows, selanjutnya Settings dan kemudian pilih tombol Accounts. Di laman Settings untuk Account yang muncul, klik tautan (link) Sign in with a local account instead (di posisi bawah dengan tanda panah).

Cara beralih dari akun Microsoft ke akun local di Windows 10

Dari kotak dialog Switch to local account yang muncul, di bagian kotak teks berlabel Current password, masukkan password yang Anda gunakan untuk masuk ke Windows 10 (password untuk akun Microsoft) dan kemudian klik tombol Next.

Cara beralih dari akun Microsoft ke akun local di Windows 10

Masih di kotak dialog Switch to local account, masukkan informasi untuk akun lokal Anda seperti User name, Password, Reenter password dan Password hint dan selanjutnya klik tombol Next.

Cara beralih dari akun Microsoft ke akun local di Windows 10

Masih di kotak dialog Switch to local account, klik tombol Sign out and finish yang terletak di sebelah kanan bawah untuk melanjutkan.

Cara beralih dari akun Microsoft ke akun local di Windows 10

Sekarang akun yang Anda gunakan untuk masuk ke Windows 10 telah dialihkan ke akun lokal.

Cara beralih dari akun Microsoft ke akun local di Windows 10

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.