Banner Sistem Operasi

Selalu Menjalankan PowerShell Sebagai Administrator Di Windows 10

Pengguna Windows hampir tidak pernah lagi menggunakan Command Prompt dan bahkan cenderung melupakannya. Kemudahan pengoperasian melalui antar muka (interface) grafis Windows yang menarik lebih dipilih dibandingkan mengunakan baris perintah (command line) meskipun mempunyai kelebihan. Command Prompt dapat mengeksekusi perintah jauh lebih cepat dibandingkan melalui antar muka Windows. Bagi sebagian penggunanya, kemampuan Command Prompt sudah dianggap lebih dari cukup, namun tidak sedikit pengguna lain menginginkan lebih. Namun demikian, Microsoft telah memberikan jawaban dengan menghadirkan Windows PowerShell.

PowerShell adalah tool yang dianggap memiliki kemampuan dan fleksibilitas lebih baik dibandingkan dengan Command prompt. PowerShell memiliki fitur-fitur lanjutan yang menjadikannya unggul dibandingkan Command Prompt seperti remote execution of tasks, background tasks, task automation, command piping dan sebagainya. Di Windows, Anda dapat menjalankan PowerShell dalam dua mode yaitu mode Normal dan mode Administrator. Sebagai Administrator yang mempunyai akses ke seluruh komponen sistem, PowerShell juga akan memberikan kekuatan penuh sebagai bahasa scripting.

Anda dapat menjalankan PowerShell sebagai Administrator dengan cara mengklik kanan (right click) untuk menampilkan menu pintas dan kemudian memilih Run As Administrator. Ketika Anda ingin menjalankan kembali PowerShell sebagai Administrator, Anda perlu mengulangi langkah-langkah tersebut kembali. Ada cara yang lebih praktis dimana ketika Anda menjalankan PowerShell, Anda langsung menjalankannya sebagai Administrator. Berikut ini adalah cara untuk selalu menjalankan PowerShell sebagai Administrator di Microsoft Windows 10:

Buka Cortana dan ketikkan "windows powershell". Tepat di Windows PowerShell yang muncul, klik kanan (right click) untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih Pin to taskbar.

Selalu menjalankan PowerShell sebagai Administrator di Windows 10

Klik kanan (right click) tepat di ikon Windows PowerShell untuk menampilkan menu pintas. Tepat di Windows PowerShell yang muncul, klik kanan sekali lagi dan kemudian pilih Properties.

Selalu menjalankan PowerShell sebagai Administrator di Windows 10

Dari kotak dialog Windows PowerShell Properties yang muncul, pastikan Anda berada di tab Shortcut. Di area bagian bawah, klik tombol Advanced...

Selalu menjalankan PowerShell sebagai Administrator di Windows 10

Di kotak dialog Advanced Properties yang muncul, beri tanda centang di kotak centang (check box) berlabel Run as administrator. Di kotak dialog Windows PowerShell Properties yang masih muncul, klik tombol Apply dan kemudian tombol OK untuk mengakhiri.

Selalu menjalankan PowerShell sebagai Administrator di Windows 10

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.