Banner Sistem Operasi

Beberapa Cara Membuka Folder Options Atau File Explorer Options Di Windows

Ketika Anda bekerja menggunakan Microsoft Windows dan juga aplikasinya, Anda tidak akan terlepas dari menggunakan apa yang disebut dengan folder. Folder dapat diartikan sebagai tempat dari file atau folder lain yang terkait berada agar dapat diambil, dipindah atau dimanipulasi dengan mudah. Folder mempunyai peran yang sangat penting di Microsoft Windows. Oleh karena itu, ada pengaturan (setting) tersendiri terkait file dan folder yaitu melalui Folder Options di Windows 7 atau versi sebelumnya dan melalui Folder Options atau File Explorer Options untuk Windows 8 atau versi sesudahnya.

Membuka Folder Options atau File Explorer Option di Windows 10 Membuka Folder Options atau File Explorer Option di Windows 10

Untuk Anda yang telah sudah terbiasa membuka Folder Options melalui Windows Explorer di Windows 7 atau versi sebelumnya, tentu akan sedikit kebingungan ketika ingin membukanya di Windows 8 atau versi sesudahnya. Hal ini dikarenakan Windows Explorer telah berganti nama menjadi File Explorer di Windows 8 atau versi sesudahnya. Perubahan ke File Explorer juga disertai dengan peningkatan fitur dimana Anda sudah tidak menemukan menu Tools lagi melainkan sudah diganti dengan ribbon (pita) yang di dalamnya terdapat tombol-tombol perintah. Sebagian pengaturan lanjutan dari Folder Options atau File Explorer Options juga telah disertakan ke dalam tombol perintah di ribbon.

Ada sedikit sekali perbedaan fitur ketika yang terbuka Folder Option atau File Explorer Option. Saat yang terbuka adalah Folder Options, Anda akan mendapati tombol Apply Folders di bagian Folder views dalam keadaan aktif, sedangkan apabila yang terbuka adalah File Explorer Options, Anda akan mendapati tombol Apply Folders di bagian Folder views dalam keadaan tidak aktif. Apabila Anda baru beralih ke Windows 10 dari Windows 7 atau versi sebelumnya dan bingung cara membuka Folder Options atau File Explorer Options, berikut ini adalah beberapa cara untuk membukanya di Windows 10:

1. Melalui Search Windows di taskbar.

Di  taskbar sebelah kiri, klik ikon (icon) Search Windows dan kemudian ketikkan "file explorer options" di kotak pencarian. File Explorer Options yang cocok dengan frasa yang Anda ketikkan akan muncul. Klik hasil kecocokan tersebut untuk membuka File Explorer Options.

Membuka Folder Options atau File Explorer Option di Windows 10

2. Melalui File Explorer.

Jalankan File Explorer, pastikan Anda berada di tab View dan kemudian klik tombol Options yang terletak di sebelah kanan untuk membuka kotak dialog Folder Options.

Membuka Folder Options atau File Explorer Option di Windows 10

3. Cara lain melalui File Explorer.

Jalankan File Explorer, klik menu File dan dari daftar sub-menu yang muncul, klik atau pilih Change folder and search options.

Membuka Folder Options atau File Explorer Option di Windows 10

4. Melalui Control Panel.

Klik kanan (right click) tombol Start Windows dan kemudian pilih Control Panel.

Membuka Folder Options atau File Explorer Option di Windows 10

Dari jendela Control Panel yang muncul, di area sebelah kanan, klik kotak daftar tarik turun (drop-down box) berlabel View by dan kemudian pilih Small icons.

Membuka Folder Options atau File Explorer Option di Windows 10

Dari jendela All Control Panel Items yang muncul, cari dan kemudian klik File Explorer Options.

Membuka Folder Options atau File Explorer Option di Windows 10

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.