Banner Sistem Operasi

Cara Menghapus Gambar Akun Pengguna Di Windows 10

Sebagaimana Anda ketahui, mulai dari Windows 8 dan versi di atasnya, Anda dapat masuk (login) ke Windows dengan dua pilihan akun yaitu akun lokal dan akun Microsoft. Apabila Anda masuk menggunakan akun lokal, beberapa fitur Windows akan nonaktif. Fitur yang nonaktif ini hanya bisa aktif apabila Anda masuk ke Windows menggunakan akun Microsoft. Di layar masuk (login screen) ke Windows, selain kotak teks tempat pengetikan password akun, juga terdapat gambar akun pengguna (user account picture) yang terletak di bagian atasnya.

Akun manapun yang Anda gunakan untuk masuk ke Windows, akan menggunakan gambar akun pengguna yang tersimpan di komputer. Anda dapat mengganti gambar akun pengguna dengan cara menambahkan gambar akun baru dan kemudian menggunakannya, sedangkan gambar akun sebelumnya masih tetap tersimpan di komputer. Sewaktu-waktu Anda ingin merubah lagi gambar akun, Anda dapat menggunakan gambar akun yang sudah ada atau menambahkan gambar akun baru lagi. Dalam periode waktu tertentu, Anda tentunya telah merubah gambar akun beberapa kali.

Menghapus gambar akun pengguna di Windows 10

Anda dapat melihat gambar akun yang sudah ada atau berkeinginan untuk mengganti gambar akun melalui laman Account dari Windows Settings. Gambar akun yang tidak digunakan akan ditampilkan di samping kanan gambar akun aktif. Windows 10 tidak menyediakan akses lagi melalui User Accounts dari Control Panel. Apabila Anda tidak berencana menggunakan lagi salah satu gambar akun dan ingin menghapusnya, Windows 10 tidak menyediakan cara untuk itu. Sebagian pengguna tentu kesulitan. Windows 10 menyimpan gambar-gambar akun pengguna di rangkaian folder dalam mode hidden (tersembunyi). Namun demikian, tetap ada cara apabila Anda ingin menghapus gambar akun yang sudah tidak digunakan lagi. Berikut ini adalah cara menghapus gambar akun pengguna di Windows 10:

Jalankan File Explorer, ikuti path C:\Users\username\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\AccountPictures untuk bisa sampai ke lokasi penyimpanan gambar akun. username menyesuaikan nama akun Windows Anda. Apabila Anda tidak melihat folder AppData, hal ini dikarenakan dalam mode hidden (tersembunyi). Untuk dapat menampilkan folder ini, baca artikel Cara Menampilkan File Dan Folder Yang Tersembunyi. Folder Options dan File Explorer Options adalah identik atau sama. Untuk lebih jelasnya, baca artikel Beberapa Cara Membuka Folder Options Atau File Explorer Options Di Windows.

Menghapus gambar akun pengguna di Windows 10

Untuk menghapus gambar akun yang sudah tidak digunakan lagi, klik kanan (right click) gambar tersebut dan dari daftar menu pintas (shortcut menu), dan kemudian pilih Delete. Anda dapat menghapus gambar akun yang lain dengan cara sama.

Menghapus gambar akun pengguna di Windows 10

Apabila Anda membuka kembali laman Account dari Windows Settings, gambar yang sudah dihapus telah hilang dari tampilan di sebelah kanan gambar akun aktif.

Menghapus gambar akun pengguna di Windows 10

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.